Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menjelaskan Indonesia perlu fokus kepada pengembangan produk-produk unggulan Indonesia antara lain di bidang perkebunan.

"Kita harus fokus untuk menggarap produk-produk bahan alam kita. Bisa saja, kenapa tidak," kata Jokowi dalam orasi ilmiah di Universitas Kristen Indonesia, Jakarta pada Senin.

Menurut Jokowi, beberapa produk unggulan dapat dikembangkan antara lain dengan membuka fakultas atau program studi yang khusus mempelajari komoditas unggulan seperi kopi, teh, cokelat ataupun kelapa sawit.

Kepala Negara menilai komoditas itu merupakan potensi besar bagi Indonesia.

"Seharusnya keunggulan-keunggulan kita tersebut harus diprioritaskan untuk diajari, untuk diajarkan mulai dari hulu sampai hilir, semuanya dipelajari," ujar Presiden.

Presiden menilai pendidikan perlu mengembangkan penelitian tentang pengelolaan suatu produk perkebunan unggulan mulai dari menanam hingga memproses hasil jadi produk itu.

Selain itu, Jokowi pun menjelaskan bahwa kebudayaan juga dapat menjadi salah satu produk unggulan dari Indonesia.

"Kita harus juga fokus garap produk-produk unggulan kebudayaan kita yang potensinya besar, seperti pariwisata," tegas Jokowi.

Jokowi juga mengarahkan agar perguruan tinggi mampu memberikan mahasiswanya pendidikan kewirausahaan.

Universitas juga diminta Presiden sebagai induk untuk membantu startup atau usaha rintisan mahasiswanya.

Baca juga: Presiden orasi ilmiah saat Lustrum XIII UKI

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018