Jakarta, 30/9 (ANTARA News) - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengajak seluruh masyarakat untuk mensukseskan Asian Paragames yang berlangsung di Jakarta mulai 6 sampai 13 Oktober 2018.

"Tak hanya sukses sebagai tuan rumah namun juga sukses prestasi," kata Ketua MPR Zulkifli Hasan saat menerima obor Asian Paragames di kompleks gedung MPR/DPR/DPD Senayan Jakarta, Minggu (30/9). 

Menurut Zulkifli Hasan, siapapun orangnya, semua mempunyai hak yang sama.

"Warga negara Indonesia, siapapun itu, mempunyai hak yang sama," tegasnya.

Kepada Kontingen Paragames Indonesia, Zulkifli Hasan mengharap mereka tidak kalah dengan Kontingen Asian Games Indonesia. Dalam Asian Games XVIII, Indonesia berada di peringkat 4.

"insya Allah Kontingen Paragames Indonesia tidak kalah dengan Kontingen Asian Games," harapnya.

Prosesi kedatangan Obor Asian Paragames diawali dengan drum band yang dibawakan oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP). Prosesi sudah membahana di pintu gerbang utama Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan. Kedatangan drum band dari kampus yang beralamat di Marunda, Jakarta, itu menandakan api obor Asian Paragames sudah tiba di komplek parlemen setelah sebelumnya diarak keliling ibu kota.

Begitu tiba di dekat tangga Gedung Nusantara, obor yang sebelumnya dibawa oleh Ketua Inapgoc Raja Okto Saptahari selanjutnya diserahkan kepada Ketua Komisi X DPR Joko Udianto. Oleh Joko dengan didampingi oleh Raja, obor dibawa naik ke pelataran Gedung Nusantara. Di pelataran telah berdiri tegap Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPD Oesman Sapta.

Setelah melalui rangkaian prosesi upacara, obor yang dibawa oleh Joko disulutkan kepada obor yang dibawa oleh Bambang Soesatyo. Selanjutnya Bambang menyulutkan obornya kepada obor yang dibawa oleh Zulkifli Hasan. Tak lama kemudian, Zulkifli Hasan melanjutkan sulutan api ke obor yang dibawa oleh Oesman Sapta.

Setiap jeda sulutan, masing-masing pimpinan lembaga negara itu meneriakan, "mari kita gelorakan peduli pada disabilitas."

Dalam prosesi penyulutan obor Asian Paragames itu juga dimeriahkan oleh kehadiran klub motor gede. 

Pewarta: Jaka Sugiyanta
Editor: Wawan Indrawan
Copyright © ANTARA 2018