Ini hari terakhir bagi saya menjabat Gubernur Riau ...
Pekanbaru, 20/9 (ANTARA News) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman resmi mengundurkan diri dari jabatannya usai penetapannya sebagai daftar calon legislatif tetap untuk DPR RI daerah pemilihan Riau 1 dari Partai Golkar.

"Ini hari terakhir bagi saya menjabat Gubernur Riau walau memang periode berakhir Februari 2019. Sesuai ketentuan begitu DCT keluar, berakhirlah jabatan saya sebagai gubernur," kata pria yang akrab disapa Andi Rachman ini di depan ribuan Aparatur Negeri Sipil Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru, Kamis.

Selanjutnya, kata dia, jabatannya akan dijabat Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim. Namun prosesnya masih menunggu surat dari Kementerian Dalam Negeri.

Dia mengatakan bahwa dirinya adalah kader partai. Karena itu ketika diberi tugas untuk Pemilu 2019 dirinya harus mengikuti.

"Dulu pada 2009-2013 pernah saya alami dan sekarang disuruh kembali ikut berjuang di DPR RI," ujarnya.

Selanjutnya, dia berterima kasih kepada seluruh ASN lingkungan Pemprov Riau atas yang tekah dilakukannya selama ini. Mulai jadi Wagub Riau Februari 2014, menjadi Pelaksana Tugas Gubernur September 2014 dan menjadi Gubernur Definitif Mei 2016.

"Apapun hasilnya dengan segala kelebihan dan kekurangan itulah kerja sama kita semua, karena tak ada yang bisa mengklaim itu kerja sendiri. Mudah-mudahan kedepan dengan sisa waktu periode dilanjutkan, mohon dukung wagub selesaikan tugas periode 2014-2019," katanya.

Sementara itu, Wagub Riau Wan Tahmrin Hasyim menyatakan akan meneruskan seluruh kebijakan gubernur sampai akhir masa jabatan. Hal yang mendasar lain akan diselesaikan seperti mengejar tahun depan Riau sudah bisa menjadi embarkasi sementara haji.

"Paling penting juga Jalan tol Pekanbaru-Dumai, mungkin akhir masa jabatan Februari 2019 nanti sudah sampai ke Duri atau kemana. Juga Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan 2018 dan murni 2019 sudah selesai Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara sudah selesai," ungkapnya.

Baca juga: Jabatan gubernur Riau digantikan wagub setelah penetapan DCT
Baca juga: Sejumlah pejabat lolos verifikasi calon anggota DPR
Baca juga: Gubernur Riau ajukan pengunduran diri untuk "nyaleg"

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018