Ada 16 TPS yang akan kami rehab tahun 2018 ini. Proses lelang baru selesai dan sudah ada pemenangnya. Mulai pekan depan sudah mulai dilakukan rehabnya
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 16 tempat pembuangan sampah (TPS) rusak di Jakarta Timur akan direhabilitasi oleh Suku Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Jakarta Timur, di sepanjang 2018, tepatnya mulai pekan depan.

"Untuk 16 TPS yang akan direhabilitasi mulai pekan depan target selesainya adalah sesuai kontrak yang berlaku yaitu hingga 20 Desember 2018. Artinya,  sepanjang tahun hingga akhir 2018," kata Kepala Sudin Kebersihan dan Lingkungan Hidup Jakarta Timur, Budi Mulyanto kepada Antara di Jakarta, Kamis.

Budi Mulyanto menjelaskan pihaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp9 miliar untuk memperbaharui 16 TPS rusak itu.

Untuk pengerjaannya sendiri, pembaharuan TPS tersebut akan menggandeng PT John dan RO sebagai pemenang tender.

Baca juga: Seluruh RW di Jakarta akan punya TPS ramah lingkungan

Sementara itu, Kepala Seksi Kebersihan dan Pengolahan Limbah B3 Sudin Kebersihan dan Lingkungan Hidup Jakarta Timur, Wahyudi Rudianto mengatakan 16 TPS yang akan diperbaiki itu rata-rata tingkat kerusakannya sekitar 70 hingga 80 persen.

"Ada 16 TPS yang akan kami rehab tahun 2018 ini. Proses lelang baru selesai dan sudah ada pemenangnya. Mulai pekan depan sudah mulai dilakukan rehabnya," kata Wahyudi.

TPS yang akan diperbaiki di antara adalah, TPS Kampung Melayu yang berada di bawah Flyover Kampung Melayu. Kemudian TPS RW 04 Rawabunga yang berlokasi di seberang Taman Viaduct Jatinegara dan TPS Kampung Tengah di Jalan Raya Tengah, Kramat Jati.

"Rata-rata TPS yang direhab itu bagian lantainya rusak parah. Dinding pengamannya juga ambruk, terpaksa kita tutupi pagar seng, agar sampah tidak tercecer," tuturnya.

Baca juga: Jakarta kekurangan tempat pembuangan sampah

 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018