671 personel amankan pemilu di Aceh Barat

id pemilu damai, pemilu 2019,pemilu aceh barat

Polisi (ANTARANews)

Meulaboh, Aceh (ANTARA News) - Sebanyak 671 personel gabungan akan dikerahkan mengawal berlangsungnya Pemilu 2019 di wilayah hukum Polres Aceh Barat, Provinsi Aceh.

"Jumlah tersebut sudah merupakan tim gabungan Polri, TNI, Pom, Satpol PP serta unsur lainnya. Termasuk penambahan pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO)," kata Kapolres Aceh Barat AKBP Bobby Aria Prakarsa, di Meulaboh, Rabu.

Hal itu disampaikan usai menjadi inspektur upacara apel gelar pasukan dalam rangka operasi mantap brata rencong 2018, apel diikuti ratusan peserta tersebut dengan maksud memantapkan kesiapan pasukan tim gabungan menghadapi Pemilu 2019.

Ratusan personel tim gabungan itu akan ditempatkan pada 626 tempat pemungutan suara (TPS) dalam 12 kecamatan Aceh Barat, penempatan personel disesuaikan dengan kondisi geografis dan kerawanan gangguan keamanan yang telah dipetakan.

"Penempatan personel nantinya akan disesuai kebutuhan tingkat kerawanan ancaman gangguan keamanan rawan satu rawan dua dan khusus. Tidak ada rawan khusus di wilayah hukum Polres Aceh Barat, tetapi karena jaraknya saja yang jauh,"imbuhnya.

Kapolres AKBP Bobby berharap dukungan semua pihak menjaga suasana kamtibmas yang saat ini sangat kondusif dan terkendali. Terutama kepada peserta kontestan Calon Legislatif (Caleg) yang akan bertarung memperebutkan jabatan politik di legislatif.

Sementara Komandan Kodim 0105/ Aceh Barat Letkol Kav Nurul Diyanto, menyampaikan, TNI akan selalu siap memberikan rasa aman kepada masyarakat selama proses Pemilu 2019 hingga berlangsungnya hari pencoblosan nantinya.

"Yang jelas kita dari TNI akan selalu bekerjasama dengan Polri dalam kaitannya operasi pengamanan Pemilu 2019 di Aceh Barat, ada Polisi Militer juga. Kalau sewaktu - waktu ada hal - hal yang perlu diantisaspi kita selalu siap," sebutnya.

Terkait dengan jumlah kekuatan personel TNI yang diperbantukan meng beck up Polri akan diatur oleh masing - masing Komando Rayon Militer (Koramil), pengamanan dari pihaknya juga dilibatkan dalam operasi tertutup dan terbuka.

Letkol Kav Nurul Diyanto, memastikan kondisi keamanan daerah setempat masih sangat kondusif, belum ada ngangguan keamanan versi TNI dan diharapkan tetap terjaga untuk terselenggaranya Pemilu 2019 yang demokrasi.

Pewarta : Anwar
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar