Langkat, Sumut (ANTARA News) - Sebanyak 2.319 rumah tangga miskin di Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara mendapat bantuan pengembangan ternak ayam melalui Program Bekerja Kementerian Pertanian, kata Kepala Dinas Pertanian Langkat Nasiruddin.

"Program Bekerja itu sudah dilakukan di lapangan dengan pemberian ayam, kandang, pakan, buat 20 rumah tangga miskin dari 2.319 RTM yang sudah terdaftar," katanya di Stabat, Selasa.

 Ia menjelaskan Program Bekerja untuk 15 desa di Kecamatan Secanggang, yaitu Desa Cinta Raja, Desa Karang Anyer, Desa Karang Gading, dan Desa Kebun Kelapa.

 Selain itu, Desa Kepala Sungai, Desa Pantai Gading, Desa Perkotaan, Desa Secanggang, Desa Selotong, Desa Sukamulia, Desa Sungai Ular, Desa Tanjung Ibus, Desa Telagah Jernih, Desa Teluk, dan Desa Hinai Kiri.

 Ia mengatakan untuk pertama, bantuan itu dikucurkan kepada 20 rumah tangga miskin. Mereka mendapatkan 50 ekor ayam, 420 kilogram pakan selama empat bulan, serta pembangunan kandang pengembangan ternak.

 "Nantinya direncanakan untuk peluncuran program tersebut diharapkan langsung dilakukan oleh Menteri Pertanian," katanya.

 Untuk itu, katanya, sudah dilakukan penyaluran program bantuan tersebut.

"Mudah-mudahan akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat, selain itu Langkat diharapkan menjadi sentra pengembangan ayam di Sumatera Utara," katanya. 

Baca juga: Mentan: Program "Bekerja" bangkitkan ekonomi masyarakat
Baca juga: Mentan target 14.029 RTM jadi penerima manfaat program "Bekerja"
 

Pewarta: Imam Fauzi
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018