Jadi banyak wisatawan yang terpaksa harus menginap di hotel-hotel yang berada di luar wilayah Kabupaten Ponorogo"
Ponorogo (ANTARA News) - Menjelang Grebeg Suro yang rutin digelar setiap Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah, hunian hotel atau tempat menginap di wilayah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, penuh, karena wisatawan banyak berdatangan. 

"Ini momen yang luar biasa karena 1 Sura kali ini bertepatan dengan peringatan Hari Jadi ke-522 Kabupaten Ponorogo," kata Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno, Minggu, kepada wartawan usai membuka kegiatan Parade Budaya di depan Pendopo Kabupaten Ponorogo.

Parade Budaya itu sendiri merupakan bagian dari serangkaian acara untuk memperingati Hari Jadi ke-522 Kabupaten Ponorogo yang jatuh pada 11 Agustus.

"Ada 33 kegiatan budaya yang kami gelar selama sebulan penuh sejak 11 Agustus lalu untuk meramaikan Hari Jadi Kabupaten Ponorogo tahun ini," ujarnya.

Serangkaian acara Hari Jadi ke-522 Ponorogo itu, lanjut dia, puncaknya jatuh pada hari ini, besok dan lusa, yang bertepatan dengan kegiatan Grebeg Sura, yang rutin digelar setiap 1 Muharram.

"Kegiatan Grebeg Sura itu sendiri sudah menjadi agenda rutin tahunan yang digelar setiap 1 Muharram, yang sebenarnya di luar agenda dari rangkaian peringatan Hari Jadi Ponorogo," katanya, menjelaskan.

Tahun ini, Soedjarno menandaskan, kebetulan momen Grebeg Sura jatuh bersamaan dengan rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Ponorogo.

"Karena Hari Jadi Kabupaten Ponorogo menggunakan tanggalan masehi, sedangkan Grebeg Suro menggunakan tanggalan hijriah, sehingga momen yang bersamaan seperti ini kira-kira terjadi setiap empat atau lima tahun sekali," ucapnya.

Momen yang bersamaan tersebut, lanjut dia, terbilang sukses mendatangkan banyak wisatawan ke Ponorogo.

"Laporan yang saya terima, terhitung sejak kemarin, 8 September, hunian di Ponorogo sudah penuh. Jadi banyak wisatawan yang terpaksa harus menginap di hotel-hotel yang berada di luar wilayah Kabupaten Ponorogo," katanya.

Soedjarwo memprediksi jumlah wisatawan yang datang mencapai 10 ribu orang lebih untuk menyaksikan acara puncak Peringatan Hari Jadi ke-522 Kabupaten Ponorogo yang berlangsung mulai hari ini, besok dan lusa.

Para wisatawan itu juga dipastikan berdatangan ke Ponorogo untuk menyaksikan kegiatan Grebeg Sura yang akan berlangsung di Telaga Ngebel, pada 1 Muharram atau hari Selasa, 11 September.

Baca juga: Begini cara Ponorogo sambut 1 Muharram

Baca juga: Tarik wisatawan ke Yogyakarta, upacara Sedekah Gunung malam Sura tetap digelar
 

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo/Hanif Nashrullah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018