Pamekasan, 8/9 (ANTARA News) - Dua kasus kebakaran lahan dan kebun di Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu, disebabkan keteledoran warga yang membakar sampah sembarangan hingga apinya merembet ke lahan lain.

"Saat ini, kebakaran terjadi di Tlanakan, Pamekasan, yakni kebun bambu di perumahan Tlanakan Indah, di Kecamatan Tlanakan, Pamekasan," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan Budi Cahyono, Sabtu sore.

Kebakaran kebun bambu di dekat perumahan Tlanakan Indah ini terjadi, akibat ada warga yang membakar sampah secara sembarangan. Api selanjutnya menjalar ke pohon bambu yang tak jauh dari lokasi pembakaran sampah itu.

Tiupan angin yang kencang membuat kobaran api semakin besar, sehingga membuat warga yang tinggal di perumahan itu semakin panik.

"Kasus kebakaran kebun bambu di Tlanakan ini merupakan kebakaran ke-80 selama kemarau," ujar Budi.

Kebakaran kebun bambu di Tlanakan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur terjadi sekitar pukul 15.00 WIB, dan hingga pukul 16.00 WIB petugas pemadam kebakaran terus berupaya untuk memadamkan kobaran api.

Warga dan aparat dari Koramil Tlanakan, Pamekasan juga terlihat bergotong royong untuk memadamkan kobaran api dengan memisah tumpukan daum bambu kering agar api tidak menjalar.

Sedikitnya dua unit armada mobil tangki yang terdiri dari mobil pemadam dan mobil penyuplai telah berada di loaksi kebaran sejak 30 menit lalu dan terus berupaya melokalisir kobaran api.

Beberapa orang warga perumahan, juga membawa air dengan baik dan sebagian memotong pohon pisang untuk menjinakkan kobaran api.

Pada Sabtu pagi, kebakaran juga terjadi di sebuah lahan kering di Kelurahan Lawangan Daja, Kecamatan Pademawu, Pamekasan dengan penyebab yang sama, yakni karena ada warga yang membakar sampah secara sembarangan, sehingga api menjalar luas membakar rumput-rumput kering yang ada di sekitar lokasi itu.

Namun, kebakaran lahan ini bisa segera diatasi oleh petugas dalam jangka waktu sekitar 45 menit, berkat bantuan warga dan petugas gabungan dari Polres Pamekasan dan Kodim 0826 Pamekasan.

Baca juga: Hutan rakyat di Pamekasan terbakar

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2018