Jakarta, 29/8 (Antara) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berharap kompetisi pemilu legislatif dan pemilu presiden tahun 2019 dapat berjalan demokratis, fair, serta masyarakat mengutamakan menjaga persaudaraan dan persatuan sebagai bangsa Indonesia.  

"Semoga bangsa Indonesia di tahun politik ini tetap saling menjaga persaudaraan dan kebersamaan, meskipun memiliki aspirasi dan pilihan politik berbeda," kata Zulkifli Hasan, di sela kegiatan ceramah agama yang disampaikan Ustadz Abdul Somad di lapangan sepak bola, di Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu malam.

Menurut Zulkifli, calon presiden yang akan berkompetisi pada pemilu presiden 2019 yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto, menunjukkan sikap persaudaraan, yakni saling bersalaman dan berangkulan saat bertemu.

"Semoga rakyat Indonesia  juga dapat mencontoh perilaku persaudaraan, dengan saling menghormati dan menghargai," katanya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga berharap, kontestasi pemilu legislatif dan pemilu presiden dapat berjalan lancar dan tertib.

"Kalau ada saling 'tekel' sedikit-sedikit itu wajar, tapi jangan sampai saling mematahkan kaki," katanya.

Menurut Zulkifli, MPR sebagai rumah rakyat yang mengawal konstitusi dan menjaga pancasila, mengingatkan masyarakat, meskipun berbeda aspirasi dan pilihan politik tapi harus mengutamakan persatuan bangsa.

"Bangsa Indonesia harus menjaga kekompakan dan menguatkan persaudaraan," katanya.***
 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2018