Saat ini ada lebih dari 250 perusahaan yang melakukan investasi dan bisnis di Indonesia, yang berasal dari daerah kami di Aichi
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan dari Gubernur Perfektur Aichi Hideaki Omura di Jakarta, Senin, untuk mendiskusikan upaya peningkatan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Jepang, khususnya di Nagoya.

"Saat ini ada lebih dari 250 perusahaan yang melakukan investasi dan bisnis di Indonesia, yang berasal dari daerah kami di Aichi atau lebih dari 50 persen dari total nilai investasi yang ditawarkan itu berasal dari daerah kami," kata Gubernur Omura, usai menemui Wapres Jusuf Kalla di Kantor Wapres Jakarta, Senin.

Jalinan kerja sama dan hubungan persahabatan tersebut telah berlangsung lama dan semakin diperkuat dengan adanya kunjungan balasan antara Wapres Jusuf Kalla dan Gubernur Omura.

Pertemuan Wapres Kalla dan Gubernur Omura di Jakarta, Senin, menjadi pertemuan keempat sejak 10 tahun yang lalu. Omura mengatakan pertama kali dirinya bertemu Jusuf Kalla pada 2008, saat JK menjabat sebagai Wapres. Pertemuan kedua berlangsung pada 2015, sementara pertemuan ketiga terjadi pada 2017.

"Dari dulu hubungan antara daerah kami dengan Bapak Wapres itu sangat lama berlangsung karena beliau sebagai pengusaha setiap tahun melakukan kunjungan ke daerah kami di Nagoya dan sampai saat ini hubungan itu masih berlangsung," jelas Omura.

Omura mengatakan Wapres Jusuf Kalla sangat mengapresiasi kerja sama di bidang ekonomi dengan kawasan Perfektur Aichi,  khususnya ketika Indonesia mengalami krisis ekonomi, pengusaha dari Aichi tetap setia menanamkan modalnya di Tanah Air.

"Bapak Wapres menyampaikan beberapa hal, bahwa walaupun Indonesia sudah mengalami dua kali krisis namun demikian pengusaha atau pihak Jepang tetap setia menanamkan modal, termasuk juga perusahaan-perusahaan terkemuka dari Aichi yaitu Toyota," ujar Omura. 

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018