Jakarta (ANTARA News) - Sidang Paripurna MPR dengan agenda penyampaian laporan kinerja lembaga negara disemarakkan Pameran Perpustakaan dengan tema  Sumber Daya Informasi Legislatif 2018.

Acara tersebut berlangsung di loby Perpustakaan Setjen MPR, Jakarta, Jumat . 

Sebanyak sembilan tenan perpustakaan ikut serta dalam pameran tersebut, yaitu  Badan Pemeriksa Keuangan, Perpustakaan Nasional, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Provinsi  Jawa Barat,  Institut Stiami, Persaudaraan Cinta Tanah Air, BNN, LIPI, Mahkamah Agung,  dan Komisi Yudisial. 

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menempati posisi di depan seolah menjadi penerima tamu bagi setiap pengunjung yang hadir.  Hampir semua pengunjung yang datang menghampiri tenan Perpustakaan BPK. Apalagi, tenan tersebut memberikan souvernir kepada setiap pengunjung yang mau mengisi buku daftar tamu. Akibatnya, pengunjung yang mampir ke tenan ini pun mengantre. 

Beberapa buku penting dipamerkan di tenan BPK, salah satunya adalah Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester. Buku ini berisi  resume hasil  pemeriksaan BPK terhadap keuangan  negara. Dari buku tersebut, pembaca bisa melihat wajah pengelolaan anggaran negara selama satu tahun. 

"Di dalam buku tersebut terdapat laporan keuangan secara garis besar. Sedangkan detailnya dapat dilihat di website BPK," kata 
Dwi Agus Ujianto, salah satu penjaga tenan.  

Selain BPK, tenan LIPI juga terlihat banyak dihampiri pengunjung. Seperti BPK, tenan LIPI pun memberi souvenir kepada pengunjung. Mereka bahkan memberikan souvenir tas cantik bagi pengunjung yang berhasil menancapkan busur pada sasaran yang sudah ditentukan. 

Tenan lain yang juga terlihat ramai dikunjungi adalah milik Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial. Di tempat ini para pengunjung bisa berswafoto, baik sendiri maupun ramai-ramai.
 

Pewarta: Jaka Sugiyanta
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018