Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) akan mengajak para siswa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di wilayah Ibukota.

"Agenda kegiatan hari ini, kami akan mengajak anak-anak SMN city tour ke tempat-tempat wisata yang ada di Kota Jakarta," kata Koordinator Pelaksana Kegiatan SMN Provinsi DKI Jakarta Djonet Hartono di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat.

Dia mengatakan beberapa lokasi wisata yang akan dikunjungi, antara lain Taman Mini Indonesia Indah (TMII), kawasan wisata Ancol serta museum-museum. Tempat-tempat wisata itu dipilih karena berkaitan dengan seni dan budaya.

"Melalui kunjungan ke daerah-daerah wisata, kami berharap anak-anak SMN akan lebih mengenal Kota Jakarta, terutama dari segi kesenian dan kebudayaannya. Kunjungan itu akan sangat menghibur untuk mereka," ujar Djonet.

Selain tempat-tempat wisata, dia menuturkan pihaknya juga berencana untuk mengajak anak-anak Program SMN untuk mengunjungi sejumlah arena pertandingan Asian Games 2018 yang berlokasi di wilayah ibukota.

"Kami ada rencana untuk mengajak anak-anak SMN melihat arena pertandingan untuk Asian Games. Tapi kami harus memastikan waktu kunjungan dan arena apa saja yang dapat dikunjungi supaya tidak mengganggu jadwal latihan para atlet," tutur Djonet.

Sementara itu, dia mengungkapkan terdapat sebanyak 23 siswa yang tergabung dalam Program SMN. Siswa-siswi tersebut sebagian besar berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) serta Sekolah Menengah Farmasi yang ada di Kalimantan Utara, terutama Tarakan.

"Program SMN DKI Jakarta berlangsung dari 10 hingga 18 Agustus 2018. Tiga agenda utama sudah selesai dilaksanakan, yaitu pendidikan bela negara, pendidikan kedisiplinan dan pengenalan wirausaha. Jadi, sekarang tinggal agenda wisata," ungkap Djonet.

Dalam pelaksanaan program tersebut, dia menyebutkan ada empat BUMN yang bertindak sebagai penanggung jawab kegiatan, antara lain PT Telkom, Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Kawasan Berikat Nusantara (KBN) dan Perum Percetakan Negara.

Baca juga: Kementerian BUMN memotivasi anak-anak Papua Barat untuk sukses

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018