Lampu tenaga surya akan terangi 40 distrik terisolir Yahukimo

id lampu tenaga surya,listrik papua,pembangunan papua

Suasana Sabtu (11/8/2018) malam di Distrik Puldama, Kabupaten Yahukimo, Papua, yang diterangi oleh lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) bantuan Kementerian ESDM. (Kementerian ESDM)

Wamena, Papua (ANTARA News) - Warga 40 distrik terisolir di Kabupaten Yahukimo yang selama ini mengandalkan api sebagai penerangan pada malam hari akan mendapat bantuan lampu bertenaga surya.

Bupati Yahukimo Abock Busup di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Rabu, mengatakan lampu tenaga surya bantuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu sudah mulai dipasang di Distrik Puldama.

Distrik yang hanya bisa dijangkau menggunakan pesawat kecil dari ibu kota Kabupaten Yahukimo maupun kabupaten yang lain itu mendapat bantuan 1.085 paket lampu tenaga surya.

"Ini bukti mereka (pemerintah pusat) perhatikan kabupaten kami, sebelum dilanjutkan pemasangan ke distrik yang lain," katanya.

Saat mengunjungi distrik-distrik di pedalaman wilayahnya, Bupati mengimbau warga yang belum mendapat bantuan lampu tenaga surya bersabar karena pendistribusian bantuan itu dilakukan secara bertahap.

"Saya sampaikan bahwa kita ada 517 kampung sehingga pelayanan itu bukan untuk satu wilayah saja, karena itu nanti dibagi merata," katanya.

Kementerian ESDM sebelumnya menjanjikan cahaya lampu akan menerangi rumah-rumah adat honai di Yahukimo menjelang peringatan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus.

Baca juga:
Lampu surya mulai terangi pedalaman Yahukimo Papua
Kementerian ESDM bagikan seribu lampu surya di pedalaman Yahukimo Papua

 

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar