Menteri BUMN: generasi muda kenalilah kekayaan nusantara

id smn

Menteri BUMN Rini Soemarno (ANTARA /Widodo S. Jusuf)

Jakarta, (ANTARA News) - Menteri BUMN Rini Soemarno menginginkan kalangan generasi muda di berbagai daerah untuk dapat lebih mengenali dan memahami kekayaan budaya Nusantara untuk dapat memperkuat rasa cinta kepada Tanah Air.

"Indonesia begitu besar dan begitu banyak budayanya. Banyak generasi muda yang belum terlalu mengenali kayanya budaya di Nusantara," kata Rini Soemarno dalam acara "Motivation Talk" di hadapan para peserta program Siswa Mengenal Nusantara di Jakarta, Jumat.

Menurut Rini Soemarno, program Siswa Mengenal Nusantara itu penting agar generasi muda dari berbagai daerah dapat saling menjaga keutuhan Indonesia dan agar mereka juga saling kenal-mengenal.

"Karena selalu dikatakan bahwa tidak kenal maka tidak sayang," ucapnya dan menambahkan, dengan mengetahui Indonesia secara menyeluruh maka generasi muda terutama peserta Siswa Mengenal Nusantara bisa menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ketika ditanyakan mengenai apakah pernah terbayang untuk menjadi seorang menteri seperti sekarang ini, Rini Soemarno menyatakan dirinya saat muda tidak terbayang untuk menjadi Menteri BUMN, tetapi dia selalu memotivasi diri untuk melakukan sebaik mungkin apapun yang dikerjakan.

Acara "Motivation Talk" itu sendiri merupakan rangkaian dari acara pelepasan program Siswa Mengenal Nusantara 2018 yang digelar di Vertical Garden, Telkom Landmark Tower, Jakarta.
Baca juga: Rini: program SMN perkuat wawasan kebangsaan siswa

Sebagaimana diwartakan, Deputi Bidang Infrastruktur dan Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal di Jakarta, Jumat (3/8) menyatakan, Program Siswa Mengenal Nusantara pada kali ini merupakan tahun keempat penyelenggaraan dan merupakan semacam program pertukaran pelajar antardaerah.

Hambra menjelaskan bahwa program tersebut merupakan wujud nyata BUMN Hadir untuk Negeri yang dilakukan di 34 provinsi, dalam rangka meningkatkan cinta Tanah Air kepada siswa SMA/SMK/SLB.

Sebelumnya, Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 diharapkan akan mendorong pelajar dapat memperkaya wawasannya sebagai calon pemimpin nasional masa depan, kata Senior Manager Employee Wellness PT Telkom Indonesia dan Sekretaris SMN 2018, Sri Saptahadi?Jakarta, Senin (23/7).??

"Program SMN ini merupakan bagian dari program BUMN untuk Negeri, di mana kita memilih siswa-siswi terbaik di setiap provinsi," kata Sri Saptahadi.

Saptahadi melanjutkan, dari program-program tersebut diharapkan siswa akan mempelajari tiga hal, yaitu pendidikan, sosial budaya, dan kewirausahaan.

Mereka akan belajar dari daerah satu ke daerah lainnya untuk saling bertukar pikiran dan untuk belajar. "Karena murid-murid kita adalah calon pemimpin nasional di masa depan," ujar Saptahadi.

Jumlah peserta yang mengikuti BUMN tahun ini secara nasional 748 pelajar dari 34 provinsi.
Baca juga: Rini: Program siswa mengenal nusantara cetak sdm berkualitas
Baca juga: SMN DKI sambangi Kaltara


 

Pewarta : M Razi Rahman
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar