... bocor karena bersandar di belakang ponton yang memuat pasir, dan terhempas gelombang sehingga menghantam ponton yang mengakibatkan lambung bagian kiri depan kapal bocor...
Pontianak (ANTARA News) - KM Air Intan yang berlayar dari Pontianak tujuan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat, tenggelam karena bocor badan kapalnya.

"Kapal motor yang memuat berbagai kebutuhan pokok itu dilaporkan tenggelam saat berada di dermaga Pasir milik Marhali karena bocor," kata Kepala Polsek Teluk Batang, Inspektur Satu Polisi Jumari Setiawan, saat dihubungi di Teluk Batang, Senin.

Ia menjelaskan, KM Air Intan dinakhodai Umar Benu yang membawa berbagai kebutuhan pokok dari Pontianak tujuan Teluk Batang, Senin sekitar pukul 03.00 WIB.

Menurut dia, kapal motor itu karam sewaktu bersandar di dermaga Pelabuhan Pasir milik Marhali.

"Kapal itu bocor karena bersandar di belakang ponton yang memuat pasir, dan terhempas gelombang sehingga menghantam ponton yang mengakibatkan lambung bagian kiri depan kapal bocor," ujarnya.

Kondisi itu membuat kapal tersebut kemasukan air dan sebagian badan kapal tenggelam, sehingga mengakibatkan muatan sembako yang ada di dalamnya ikut terendam.

"Kerugian akibat kapal itu tenggelam sekitar Rp400 juta, dan tidak ada korban jiwa dalam musibah itu," kata Setiawan.

Sekitar pukul 09.00 WIB, sembako yang berada di kapal itu telah dipindahkan ke daratan.

Pewarta: Andilala
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018