Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menerima Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa sore. Mereka bertemu secara tertutup selama sekitar satu jam. Airlangga tiba di tempat dengan mobil dinas menteri perindustrian bernomor registrasi RI 32, pada pukul 15.00 WIB. 

Usai pertemuan, Airlangga enggan menemui sejumlah awak media yang telah menunggu di Kantor Wapres sejak siang. 

Sebelumnya, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kalla mengonfirmasi pertemuan itu dan mengatakan akan memberikan nasihat politik kepada ketua umum DPP Partai Golkar itu. Kalla juga pernah menjadi ketua umum DPP Partai Golkar.

"Saya khan bekas ketua (umum) Partai Golkar, jadi ketemu ketua umum Golkar (Airlangga), ya dinasehati saja," kata Kalla. 

Sebelumnya, di Jakarta, Senin (2/7), Airlangga mengatakan, akan menemui Kalla untuk membicarakan "perkawinan politik" antara Partai Golkar dan Partai Demokrat untuk Pemilu 2019.

Opsi pasangan JK-AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) mencuat setelah Partai Demokrat berniat membentuk koalisi kerakyatan, dengan pertemuan antara Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Yudhoyono, dan Kalla beberapa waktu lalu. Kalla juga pernah menjadi wakil presiden pada kabinet yang dipimpin Yudhoyono.

Sementara itu, masa pendaftaran calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilu 2019 semakin dekat. Sesuai UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu, pendaftaran calon presiden-wakil presiden dilakukan selambat-lambatnya delapan bulan jelang pemungutan suara.

Dengan demikian, masa pendaftaran capres-cawapres akan dimulai pada 27 Juli hingga 3 Agustus, untuk kemudian ditetapkan capres-cawapres pada 4 Agustus mendatang. 

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018