Denpasar (ANTARA News) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika meninjau penanganan penumpang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai setelah ditutup sementara karena ruang udara bandara terdampak sebaran abu vulkanik Gunung Agung.

"Saya kira penanganan sudah bagus sudah sesuai SOP (standar prosedur operasional)," kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika ditemui di Terminal Domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai, Jumat.

Menurut Pastika, penanganan yang telah disusun dalam mitigasi bencana itu di antaranya menyiapkan angkutan bus gratis khususnya bagi penumpang yang ingin mengalihkan moda transportasinya.

Ia  menyiagakan 50 bus yang silih berganti melayani calon penumpang dan akan ditambah lagi apabila diperlukan yang disiapkan Pemprov Bali dan Pemkab Badung.

Bus gratis itu disiapkan bagi calon penumpang yang ingin mengalihkan moda transportasinya menuju Surabaya, Jakarta serta Terminal Mengwi dan Pelabuhan Padangbai bagi yang ingin menyeberang ke Pulau Lombok.

"Bali dan Badung sudah menyiapkan anggaran tak terduga. Kami melaksanakan `SOP` yang sudah disusun dan belajar dari tahun lalu," katanya.

Sedangkan bagi wisatawan mancanegara, lanjut dia, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Bali Hotel Association (BHA) dan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali siap memfasilitasi terkait penginapan gratis selama satu malam.

"Saya sudah bicara semua, perwakilan `airline` juga mengenai hal ini. Jadi mudah-mudahan mereka segera menyampaikan ke calon panumpang di hotel untuk tunggu di hotel. Itu pun harus dikoordinasikan ke hotel untuk diberikan `one night free`," ucap Pastika.

Selain itu, Pastika menambahkan bagi wisatawan mancanegara yang masa visanya habis, Imigrasi juga sudah siap untuk memperpanjang.

Dalam kesempatan itu, Mantan Kapolda Bali itu juga sempat berbincang dengan sejumlah calon penumpang di dalam bus yang akan mengantarkan mereka ke tujuan alternatif.

Baca juga: BNPB: 309 jiwa masyarakat sekitar Gunung Agung mengungsi

Baca juga: Sejumlah penerbangan dari Bandara Juanda menuju Bali terdampak Gunung Agung

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018