Jakarta (ANTARA News) - Sebagai salah satu kota terbesar keempat di Indonesia, Semarang juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik dari kota-kota lain di Indonesia, terutama untuk keluarga. 

Apa saja? Berikut rekomendasinya: 

Lawang Sewu

Gedung yang dibangun pada tahun 1904 ini memiliki pintu yang konon berjumlah seribu, sama seperti namanya. Pada kenyataannya, pintu terlihat banyak karena jendela yang ada di gedung ini memang banyak sekali dan ukurannya menyerupai pintu.


Lawang Sewu terletak di sekitar Tugu Muda Semarang. Secara keseluruhan, tampilan bangunan terlihat sangat khas dengan arsitektur Belanda bepadu dengan furnitur khas Jawa pada masa pembangunannya. 

Sambil mengelilingi gedung, Anda dapat bercerita tentang sejarah Indonesia kepada anak-anak. Selain itu, Lawang Sewu tentunya bisa menjadi lokasi yang keren untuk berfoto bersama keluarga. 

Umbul Sidomukti

Tempat wisata keluarga yang satu ini terletak di Kecamatan Bandungan, Semarang. Umbul Sidomukti menawarkan keindahan seperti air terjun. 

 
Tiga wisatawan domestik mencoba permainan "marine bridge" di obyek wisata Umbul Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jateng, Senin (31/12). Banyak warga yang berkunjung ke berbagai tempat wisata untuk berlibur akhir tahun sekaligus merayakan tahun baru di lokasi wisata. (FOTO ANTARA/R. Rekotomo)

Sekadar berjalan-jalan, menikmati air terjun, atau menantang adrenalin dengan bermain di area outbond bisa Anda lakukan bersama keluarga di Umbul Sidomukti. 

Bukan hanya itu, kawasan wisata ini juga menawarkan rumah makan serta pondok kopi yang akan melengkapi kegiatan berlibur Anda dan keluarga. 


Museum Rekor Indonesia

Semarang juga merupakan rumah bagi MURI – Museum Rekor Indonesia. Museum ini terletak di kawasan industri Jamu Jago di Banyumanik, Semarang. 
 
Museum Rekor Indonesia (MURI). (muri.org)


Di sana, tersimpan dokumentasi serta bukti pemecahan rekor oleh orang Indonesia. Salah satu yang paling menarik adalah lipstik setinggi tiga meter hasil karya dari produsen make up asli Indonesia, Mustika Ratu. 

MURI bisa dikunjungi setiap hari kerja yaitu Senin hingga Jumat. Museum ini buka pada pukul 09:00 WIB dan tutup pada pukul 14:00 WIB. Untuk masuk ke dalam, Anda tidak akan dipungut biaya apa pun atau gratis.

Selain tiga rekomendasi di atas, masih banyak lagi tempat wisata di wilayah Semarang. 

Nah, untuk melengkapi liburan, sebaiknya pilih tempat menginap yang bisa memberikan kenyamanan yang cukup agar Anda dan keluarga dapat beristirahat dan Airy Rooms dapat menjadi salah satu pilihan hotel murah di Semarang.

Di Airy ada tujuh jaminan kenyamanan yang ditawarkan yang tak akan membuat Anda kecewa, yakni tempat tidur yang nyaman dan bersih, kamar mandi dengan air hangat dan shower, Air conditioner atau pendingin ruangan, perlengkapan mandi dari Airy, televisi layar datar terkini, air minum gratis selama menginap dan koneksi internet gratis selama menginap. 

Terlebih lagi, kamar bisa Anda pesan melalui Airy App di telepon genggam. Masukkan detail tanggal dan lokasi menginap, lalu lakukan konfirmasi serta pembayaran melalui transfer atau kartu kredit.

 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018