Jakarta (ANTARA News) - Google mengumumkan pembaruan pengaturan keamanan dan kerahasiaan yang lebih aman untuk Akun Google (Google Account), namun, menjanjikan navigasi yang lebih mudah bagi pengguna.

"Privasi dan keamanan data telah menjadi topik penting di seluruh dunia, hal ini juga terbukti dengan lebih dari 20 juta mengunjungi Akun Google setiap harinya untuk memastikan keamanan data mereka, tentunya dengan kebutuhan dan masalah yang berbeda-beda,” kata Kepala Komunikasi Google Indonesia Jason Tedjasukmana dalam keterangan pers.

Pembaruan di myaccount.google.com menawarkan fitur baru yang dapat mempermudah navigasi pengguna, setelan keamanan dan privasi yang lebih baik, serta histori aktivitas yang mendetail, mulai dari data pribadi, perangkat, metode pembayaran, pembelian, subscriptions, reservasi, dan kotak.

Baca juga: Akun Google tak bisa lagi untuk log in Yahoo

Akun Google kini dilengkapi fitur pencari sehingga pengguna dapat menemukan pengaturan yang mereka inginkan dengan mudah atau mengunjungi pusat bantuan dan menemukan jawaban dari pakar komunitas.

“Akun Google kini memungkinkan pengguna untuk menemukan pengaturan kontrol Aktivitas dan tab Data & personalisasi kemudian memilih jenis aktivitas data yang tersimpan di akun,” kata Jason.

Google akan memberikan notifikasi ketika mendeteksi aktivitas mencurigakan seperti menghapus data akun di perangkat lama atau menghapus aplikasi mencurigakan yang sebelumnya memiliki akses ke data Anda.

Pemakai perangkat berbasis Android sudah dapat merasakan Akun Google versi terbaru, iOS dan versi website akan menyusul dalam beberapa waktu di tahun ini.

Baca juga: Google tawarkan tambahan keamanan untuk pengguna akun berisiko tinggi

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018