Jakarta (ANTARA News) - Arus balik Lebaran di Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur diperkirakan mencapai puncaknya pada Selasa hari ini, karena pada Kamis (21/6) sudah memasuki hari kerja.

"Puncak arus balik Lebaran, terjadi pada Senin (18/6) kemarin atau kemungkinan pada Selasa hari ini, karena hari Kamis sudah mulai bekerja," kata Kepala Satuan Pelaksana Kepala Terminal Kampung Rambutan, Thofik Winanto, di Posko Lebaran Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Selasa.

Menurut Thofik, bus angkutan umum yang tiba di Terminal Kampung Rambutan berasal dari berbagai kota di Jawa Barat dan Banten.

Berdasarkan data jumlah penumpang yang tiba di terminal Kampung Rambutan, pada Minggu (17/6) hingga malam hari mencapai 17.492 jiwa yang menggunakan 691 bus, sedangkan pada Senin (18/6) sebanyak 22.044 jiwa menggunakan 734 bus. Kemudian ini hingga pukul 08:00 WIB mencapai 5.396 jiwa menggunakan 604 bus.

Menurut THofik, data pemudik yang tiba hari Senin kemarin  hingga pukul 24:00 WIB, sedangkan data pemudik yang tiba pada hari ini baru sampai pukul 08:00 WIB. "Masih ada tiga kali update lagi hingga pukul 24:00 nanti malam," katanya.

Para pemudik yang balik melalui Terminal Kampung Rambutan, menurut dia, datang secara berangsur-angsur sehingga tidak terjadi puncak arus balik secara  signifikan. "Ini karena waktu liburnya cukup panjang setelah Lebaran dan bus yang datang dari kota-kota di Jawa Barat dan Banten, bukan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur," katanya.

Menurut dia, penumpang yang menggunakan bus umum yang tiba di Terminal Kampung Rambutan dari Jawa Barat, rute terjauh yakni Cirebon-Kampung Rambutan, Kuningan-Kampung Rambutan, Tasikmalaya-Kampung Rambutan, serta Lebak-Kampung Rambutan. Sedangkan, bus yang banyak tiba di Terminal Kampung Rambutan dari kota Bandung, Sukabumi, dan Bogor.

"Bus rute jarak pendek dan sedang, yang hanya beberapa jam di perjalanan. Apalagi sekarang sudah Cipali untuk rute dari Cirebon," katanya.

Suasana di Terminal Kampung Rambutan, tampak cukup ramai tapi tidak terlihat adanya penumpukan calon penumpang yang menyolok seperti pada arus mudik. Pada arus balik ini, setelah bus tiba di Terminal Kampung Rambutan, para penumpang pengguna jasa bus langsung mencari kendaraan dalam kota untuk menuju ke tempat tinggalnya masing-masing.

Baca juga: Puncak arus balik Terminal Kampung Rambutan diprediksi H+4

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018