Pemkot Bogor kerahkan 400 personel gabungan bersihkan pasar

id pembersihan pasar,pasar bogor,idul fitri

Dokumentasi Sejumlah petugas keamanan PD. Pasar Pakuan Jaya merobohkan pagar pembatas saat pembongkaran Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar Bogor, Jabar, Jumat (8/8/2014). Puluhan lapak PKL yang biasa berjualan di trotoar dan badan jalan ditertibkan untuk direlokasi ke Pasar Bogor untuk mengembalikan fungsi jalan dan trotoar khususnya bagi pejalan kaki. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Bogor (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mengerahkan 400 personel gabungan untuk kegiatan pembersihan dua pasar tradisional di malam takbiran, Kamis malam.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bogor Usmar Hariman melepas secara resmi operasi bersih pasar dalam rangka menghadapi Lebaran Idul Fitri 2018 di Balai Kota.

Tim gabungan dari Satpol PP, Polri/TNI, Dinas Perhubungan, petugas kebersihan Dinas Pemukiman dan Pertamanan, Dinas Lingkungan Hidup dan lainnya.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota mengatakan, pembersihan pasar dilakukan didua lokasi yakni Pasar MA Salmun dan Pasar Bogor.

"Ini merupakan tugas rutin Pemkot Bogor setiap tahunnya. Kita ingin memberikan rasa aman dan nyaman buat warga merayakan Idul Fitri," katanya

Tim bersih pasar ini bergerak dari pukul 21.30 WIB dan ditargetkan selesai hingga pukul 03.00 WIB atau sebelum pelaksanaan Shalat Idul Fitri dimulai.

Usmar mengatakan, pembersihan pasar ini kedepannya jangan ada lagi pedagang yang berjualan di bahu jalan.

Semua pedagang diarahkan untuk berjualan di dalam kios pasar. Tidak ada lagi yang boleh berjualan di pinggir jalan.

Tim pembersihan akan melakukan bersih-bersih pasar mulai dari membersihkan seluruh lapak bekas PKL yang masih tersisa hingga mengangkut seluruh sampah yang diproduksi di pasaran.

Usmar menambahkan, Pemkot Bogor secara resius akan menata PKL yang ada di Jl Dewi Sartika, dengan mengembuskan fungsi jalan untuk moda transportasi dan lalu lintas pejalan kaki.

Seluruh pedagang, lanjutnya difasilitasi masuk ke kios yang ada di Pasar Kebon Kembang blok A dan B1 serta B2.

"Kita sudah jadwalkan, relokasi PKL Dewi Sartika dilaksanakan tanggal 23 Juni," kata Usmar.

Pewarta : Laily Rahmawati
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar