Surabaya (ANTARA News) - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Akhmad Sukardi memberangkatkan 4.345 peserta mudik bareng gratis dengan 79 bus di halaman Kantor Dinas Perhubungan Jatim di Surabaya, Selasa.

"Selamat jalan bagi para pemudik. Sampaikan salam kami kepada keluarga di desa," kata Akhmad Sukardi kepada para pemudik.

Mudik gratis, kata dia, adalah program rtahunan Pemprov Jatim untuk melayani masyarakat, khususnya yang kurang mampu agar bisa pulang kampung dengan aman, nyaman dan selamat.

Mewakili Gubernur Jatim, Akhmad  berpesan kepada seluruh pemudik untuk memperhatikan detil-detil keselamatan, seperti mengecek kelayakan kondisi kendaraan, kesehatan pengemudi, informasi dan perkembangan rute-rute yang akan dilewati.

"Ingat, yang penting bukan cepat sampai, tapi sampai dengan selamat. Jika lelah di jalan, pemerintah sudah menyediakan area istirahat di berbagai titik," kata dia.

Anggota Komisi V DPR Bambang Haryo yang hadir pada acara ini memuji program tersebut dan menilai langkah Pemprov Jatim itu bertujuan mulia.

Berdasarkan data yang ada, kasus kecelakaan di Indonesia mencapai lebih dari 20 ribu setiap tahun yang 70 persen di antaranya melibatkan sepeda motor.

Baca juga: Dishub Bekasi lepas 2.820 pemudik

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018