Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani meninjau langsung kesiapan jalur mudik lebaran tahun 2018 di pelabuhan Merak dan Bakauheni guna memantau kelancaran pelayanan pelaksanaan mudik.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin, Menko PMK menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga ketertiban berlalu lintas sehingga perjalanan mudik dapat dilakukan dengan nyaman dan aman.

"Dari hasil pemantauan, sampai saat ini perjalanan mudik masyarakat berjalan sangat kondusif, yang ditunjang oleh kesiapan aparat dan pelayanan", ujar Puan.

Menko Puan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pos pelayanan yang disiapkan Pemerintah apabila membutuhkan bantuan.

Puan menerangkan bahwa kehadirannya bersama-sama rombongan sejak kemarin meninjau langsung jalur mudik, dari Jawa Timur hingga ke Bakauheni, Lampung adalah untuk memastikan seluruh layanan yang terkait mudik lebaran berjalan dengan baik, sekaligus menunjukkan komitmen pemerintah bahwa negara dan pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Pemerintah siap memberikan pelayanan yang optimal. Harapan kita semua, agar mudik dapat berjalan aman, lancar, dan nyaman," tambah Puan.

Menko PMK juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas dari semua instansi yang telah bekerja dan melayani masyarakat di masa libur lebaran, serta berpesan agar selalu menjaga stamina dan kesehatan dalam menyiapkan antisipasi untuk menghadapi arus balik lebaran yang puncaknya diperkirakan pada 18 Juni 2018.

Menko PMK meninjau bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.
 
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (tengah) didampingi Kapolda Banten Brigjen Sigit Prabowo (kiri) serta rombongan Menko PMK Puan Maharani (tengah) disambut Ketua Tim Pengamanan Pelabuhan Merak AKBP Gunawan (kanan) saat meninjau arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (11/6/2018). Menko PMK Puan Maharani bersama sejumlah pejabat tinggi lainya meninjau arus mudik sekaligus melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk menjamin kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2018. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018