Samarinda (ANTARA News) - PT Pupuk Kalimantan Timur bekerja sama dengan PT Pelni dan PT Pupuk Indonesia (Persero) menyiapkan sebanyak 1.900 tiket kapal laut untuk program mudik gratis pada Lebaran 2018.

Manager Corporate Social Responsibility (CSR) Pupuk Kaltim Dwi Pudyasmoro dalam keterangan tertulis yang diterima di Samarinda, Kamis, menjelaskan selain tiket kapal laut, perusahaannya juga menyediakan sebanyak 2.000 tiket bus.

"Dua moda transportasi ini ditujukan bagi masyarakat yang tinggal di Kota Bontang, Samarinda dan Balikpapan, khususnya masyarakat di sekitar perusahaan Pupuk Kaltim yang ingin mudik Lebaran," katanya.

Dalam melaksanakan program mudik gratis ini, Pupuk Kaltim mengalokasikan dana tidak kurang dari Rp949 juta dengan keberangkatan dilaksanakan secara bertahap mulai 31 Mei hingga 13 Juni 2018.

Dari kuota yang tersedia, ujar Dwi, sebanyak 1.500 tiket kapal laut dan 1.320 tiket bus disediakan untuk warga Bontang, kemudian sebanyak 600 tiket bus untuk warga Samarinda, dan 400 tiket kapal serta 80 tiket bus untuk masyarakat Balikpapan.

"Mudik dengan kapal laut tahun ini untuk tujuan Makassar, Barru, dan Surabaya. Sedangkan armada bus melayani tujuan Balikpapan dan Banjarmasin," ujar Dwi.

Ia menambahkan, masyarakat yang berminat mengikuti program mudik gratis dapat melakukan pendaftaran mulai 24 Mei 2018 hingga 12 Juni 2018, dengan mengisi formulir serta membawa fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK).

"Pendaftarannya gratis dan tidak dipungut biaya. Bagi masyarakat Bontang, pendaftaran dapat dilakukan di kantor Kelurahan Guntung, Loktuan, Bontang Kuala, Gunung Elai, Belimbing, dan Api-Api. Sementara untuk masyarakat Samarinda dan Balikpapan bisa mendaftar melalui Kantor Perwakilan Pupuk Kaltim pada kedua kota tersebut," katanya pula.

Dwi Pudyasmoro menambahkan, program mudik gratis ini merupakan salah satu wujud CSR perusahaan, sekaligus program yang dicetuskan Kementerian BUMN untuk pelayanan kepada masyarakat saat hari besar keagamaan.

Baca juga: Bulog-Pelni rencanakan mudik gratis Pulau Banda

Baca juga: Pertamina siapkan 3.878 tiket mudik gratis dari Makassar

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018