Sukabumi (ANTARA News) - Polres Sukabumi Kota, Jawa Barat membentuk Polisi Ramadhan 1439 Hijriah yang tujuannya untuk menjaga dan meningkatkan keamanan, ketertiban, ketenteraman dan kenyamanan masyarakat.

"Polisi Ramadhan ini bertugas untuk menekan angka kriminalitas agar umat muslim yang tengah menjalani ibadah puasa bisa nyaman dan tentunya khusyu," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro di Sukabumi, Jumat.

Menurutnya, adapun jumlah perseonel yang diturunkan sebanyak 400 personel yang ditugaskan menjaga keamanan di setiap masjid yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota sekaligus membantu Dewan Kemakmuran Masjid hingga pelaksanaan Shalat Tarawih

Selain itu, pihaknya juga melibatkan sedikitnya 50 polisi wanita yang ditugaskan di sejumlah titik keramaian, seperti pasar, pertokoan, tempat ngabuburit dan yang lainnya.

Ia pun sudah memerintahkan seluruh anggotanya agar lebih meningkatkan pengamanan dalam berbagai kegiatan masyarakat yang dilaksanakan selama Ramadhan salah satunya dengan menjaga masjid.

"Dengan adanya Polisi Ramadhan tersebut diharapkan angka kriminalitas dan berbagai hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak bisa ditekan dan ditanggulangi," tambahnya.

Susatyo mengatakan disamping melakukan pengamanan anggota polisi pun bisa menjalin silaturahmi dan kerjasama yang harmonis antara Polres Sukabumi Kota dengan masyarakat sehingga dapat bersinergi dalam berbagai kegiatan.

Untuk menjaga kekhusyuan dan kekhidmatan serta kesucian Ramadhan diperlukan situasi kamtibmas yang baik. Maka dari itu, ia mengimbau aparat keamanan dan masyarakat untuk menjaga dan meningkatkan kondusifitas di wilayahnya masing-masing.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018