BPBD: Tiga kecamatan Singkil dilanda banjir

id banjir aceh,banjir singkil aceh, banjir

Arsip: Warga menggunakan perahu saat banjir melanda kawasan Matangkuli, Aceh Utara, Aceh, Kamis (4/1/2018). (ANTARA FOTO/Rahmad)

Singkil, Aceh (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Singkil merilis tiga kecamatan di landa banjir di daerah itu sejak Selasa dini hari yang mengakibatkan puluhan rumah warga terendam air.

Pusdalops PB BPBD Kabupaten Aceh Singkil, Rosiana Kusuma Wardani kepada wartawan Selasa di Singkil mengatakan tiga kecamatan yang di landa banjir saat ini, yakni Kecamatan Gunung Meriah, Kecamatan Kutabaharu, dan Kecamatan Singkil Utara.

Rosiana mengatakan, Kecamatan Gunung Meriah terdapat tiga desa yang terendam banjir yakni Desa Sidorejo Dusun 5 Laiboboh yang merendam 32 unit rumah mulai pukul 04.00 WIB bersamaan dengan Desa Si Anjo anjo dan Suka Makmur.

"Banjir juga terjadi di Desa Gunung Lagan Dusun 4 Lai Ijuk, Kecamatan Gunung Meriah yang merendam 30 rumah penduduk di waktu yang bersamaan," ujarnya.

Bahkan, sambungnya terjadi juga kebakaran satu unit rumah penduduk di Desa Sidorejo Gunungan, Gunung Meriah, pukul 07.30 WIB dan sudah dalam tahap identifikasi kepolisian.

Sementara banjir di Kecamatan Singkil Utara terjadi di Desa Kampung Baru Dusun PPK sejak pukul 03.00 WIB dan Desa Ketapang Indah di sekitar Rutan Singkil. n

Sedangkan Kecamatan Kota Baharu saat ini juga terendam banjir tepatnya di Desa Muara Pea dan Desa Ladang Bisik.

Kemudian di Kecamatan Singkohor telah terjadi longsor di Desa Mukti Harapan yang mengakibatkan sebagian gedung SMP tertimbun longsor akibat hujan yg terus menerus sehingga terganggunya aktifitas mengajar apalagi saat ini siswa sekolah sedang ujian nasional.

Rosi mengatakan, penyebab banjir tingginya intensitas hujan 2 hari terakhir sehingga debit air di daratan Singkil sangat cepat meluap.

Untuk data pengungsi di setiap kecamatan masih dalam proses pendataan kecamatan.

"BPBD terus berupaya melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan, menurunkan Tim Reaksi Ceoat (TRC) ke lokasi banjir, melakukan evakuasi dan membantu penyeberangan di kawasan banjir," ujarnya.

Kemudian tepat pukul 18.00 WIB, kondisi mutakhir Desa Sidorejo Dusun 5 Laiboboh saat ini sudah aman terkendali, Gunung Lagan Dusun 4 Lai Ijuk saat ini masih terendam banjir.

Desa Kampung Baru, Kecamatan Singkil Utara saat ini masih terendam banjir, Desa Muara Pea, Kecamatan Kota Baharu saat ini juga masih terendam banjir.

Sementara Desa Ladang Bisik, Kecamatan Kota Baharu saat ini masih banjir, dan Desa Mukti Harapan saat ini akses transportasi masih tetap lancar.

Sebelumnya Kapolres Aceh Singkil AKBP Andrianto Argamuda melalui Kapolsek Gunung Meriah Iptu Simon Purba kepada wartawan di Singkil, mengatakan banjir yang melanda Kecamatan Gunung Meriah merendam beberapa titik ruas badan jalan di empat desa, namun sudah berangsur surut.

"Lima desa yang direndam banjir yakni Desa Cingkam, Suka Makmur, Sidorejo dan Lae Ijuk, Kecamatan Gunung Meriah, dan Sianjo - anjo," kata Simon.

"Limpahan air pertama sekali terjadi sekitar pukul 03.00 WIB yang merendam puluhan rumah di Kecamatan Gunung Meriah, bahkan di ruas badan jalan Desa Lae Ijuk akses transportasi sempat lumpuh pukul 06.00 WIB, dengan ketinggian air mencapai 40 Cm, namun berangsur surut," jelasnya.

Pewarta : Anwar
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar