Pangandaran (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menebar benih ikan kakap putih ke keramba jaring apung yang berada sekitar delapan mil dari bibir pantai Pangandaran, Jawa Barat, Selasa.

Sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang ikut meninjau keramba jaring apung itu menyaksikan dari kapal, tidak turun ke keramba.

Untuk menuju ke lokasi tersebut, Presiden dan rombongan menempuh perjalanan sekitar 45 menit menggunakan kapal.

Keramba jaring apung itu merupakan bagian dari program Kementerian Kelautan dan Perikanan yang mengadopsi teknologi lepas pantai dari Norwegia untuk meningkatkan produksi ikan kakap putih.

Teknologi keramba jaring apung lepas pantai dikembangkan di Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah; Pangandaran, Jawa Barat; dan Pulau Sabang, Aceh.

Keunggulan keramba jaring apung lepas pantai di antaranya tahan gelombang dan memiliki ketahanan lebih dari 10 tahun, serta efektif untuk budidaya ikan karena pemasangan dan pelepasan jaringnya mudah.


Baca juga:
KKP adopsi teknologi keramba lepas pantai dari Norwegia
KKP kembangkan komoditas kakap putih lepas pantai

 

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018