Yogyakarta (ANTARA News) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan menegaskan kepemimpinan merupakan tanggung jawab, untuk itu pemimpin tidak perlu mencari popularitas dalam menyusun kebijakan-kebijakan.

"Yang terpenting dari seorang pemimpin adalah berani mengambil langkah yang memang harus dilakukan meski tidak populer," katanya saat menjadi Keynote Spekaer pada Rapat Kerja Pengendalian Pembangunan di Yogyakarta, Rabu.

Dalam paparannya, Jonan menjelaskan beberapa hal terkait pentingnya sikap pemimpin dalam membawa keberhasilan sebuah lembaga.

"Seperti saya ini tidak pernah mencari popularitas. Orang saya juga tidak mau nyalon presiden. Yang penting harus disosialisasikan dengan baik dulu," kata Jonan.

Ia mengatakan, bahwa gaya kepemimpinan yang baik adalah gaya kepemimpinan yang praktis mudah untuk diikuti.

"Gaya kepemimpinan yang kompleks dan cenderung susah untuk diikuti tidak efektif dalam mencapai keberhasilan suatu lembaga," katanya.

Jonan mengatakan bahwa seharusnya status pendidikan seseorang tidak menjadi satu-satunya acuan dalam memberikan wewenang. Tapi menurutnya yang harus dijadikan seorang pemimpin adalah kinerja dari orang tersebut.

"Pengalaman saya di birokrasi itu, orang kalo mau naik pangkat berdasarkan sekolah. Betul ya? Harusnya naik pangkat itu berdasarkan prestasi. Kalau berdasarkan sekolah, ya semua sekolah terus, gak ada yang kerja nanti," katanya.

Sementara Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun yang hadir dalam rapat kerja tersebut mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman telah memulai kinerjanya untuk triwulan pertama 2018 ini dengan cukup baik.

"Diharapkan program-program pemerintah bisa segera dimulai sehingga tidak menumpuk di semester empat. Untuk itu, selanjutnya kita akan memperbaiki sistem yang ada di pemerintahan. Harapan kami untuk tahun depan, laporan ke BPK itu bisa selesai awal Februari," katanya.

Rapat Kerja tersebut mengusung tema "Transformasi Leadership : Inspirasi Pengelolaan Pembangunan Daerah yang Berkualitas".

Pada acara tersebut diserahkan pula hasil penilaian kinerja triwulan pertama 2018 oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X, kepada Kabupaten/Kota dan beberapa instansi pemerintah di DIY.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018