Jember (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember menyediakan 3.710 tiket kereta api untuk arus balik Lebaran 2018 secara gratis yang merupakan kerja sama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan PT KAI.

"Khusus di wilayah Daop 9 Jember, angkutan KA gratis tersebut terdiri dari KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya dan KA Tawangalun relasi Banyuwangi-Malang," kata Manajer Humas PT KAI Daop 9 Luqman Arif di Jember, Senin.

Jadwal angkutan KA gratis tersebut, yakni KA Probowangi untuk arus balik Lebaran pada 17 Juni hingga 20 Juni 2018 dan KA Tawangalun untuk perjalanan arus balik Lebaran pada 17 Juni hingga 19 Juni 2018.

Menurutnya sebanyak 3.710 tiket kereta api gratis untuk arus balik Lebaran 2018 tersebut terdiri dari 2.120 tiket KA Probowangi dan 1.590 tiket KA Tawangalun.

"Jumlah total tiket kereta untuk arus balik gratis naik KA tahun 2018 di Daop 9 Jember ini meningkat dibandingkan tahun lalu dengan total sebanyak 3.000 tiket kereta api," katanya.

Masyarakat bisa memesan tiket mulai 18 April 2018. Pemesanan hanya bisa dilakukan di stasiun yang dilewati perjalanan KA tersebut.

"Pemesan tiket kereta gratis wajib menyertakan foto kopi KTP atau Kartu Keluarga, sedangkan untuk pelajar atau mahasiswa bisa menggunakan kartu tanda mahasiswa (KTM) atau kartu pelajar dengan satu pemesan maksimal empat tiket," ujarnya.

Ia menjelaskan tiket yang sudah dipesan tidak bisa dibatalkan, ditunda atau dialihkan kepada orang lain.

"Misalnya tiket KA Probowangi bisa dipesan di sejumlah stasiun yang dilalui oleh kereta relasi Banyuwangi-Surabaya tersebut, sehingga tidak bisa dipesan melalui channel eksternal yang bekerja sama dengan PT KAI," katanya, menambahkan.
 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018