Lampung (ANTARA News) - Duta World Wide Fund for Nature (WWF) untuk konservasi gajah, aktor Chicco Jerikho, menyerukan penghentian perburuan liar gajah yang menyebabkan penurunan populasi mamalia besar itu.

"Stop perburuan liar, karena banyak gajah yang diburu hanya untuk gading dan merchandise (barang dagangan)," katanya Lampung, Sabtu.

Aktor yang dinobatkan sebagai Elephant Warrior itu mengaku sudah suka gajah sejak kecil.

"Dan menurut saya gajah ini sangat berperan penting dalam ekosistem kehidupan," kata pria yang lahir Jakarta pada 3 Juli 1984 itu.

Chicco juga menaruh perhatian khusus pada konflik antara gajah dan manusia, menyebut pentingya kehidupan yang aman bagi gajah di kawasan yang berdampingan dengan pemukiman warga, dan dukungan warga pada upaya pelestarian gajah.

Suami aktris Putri Marino itu mengatakan bahwa sebagai figur publik dia ingin menyuarakan pentingnya pelestarian gajah menggunakan semua media yang dia punya dan menyerukan penghentian perburuan liar satwa dilindungi tersebut.

Ia juga menjelaskan tentang Elephant Warrior, wadah WWF bagi orang-orang yang mendukung upaya pelestarian gajah.

"Elephant Warrior merupakan orang yang dengan ikhlas melakukan kontribusi sekecil apapun untuk konservasi gajah," kata Chicco, yang bersama WWF menyosialisasikan konservasi gajah Sumatra dan menjangkau gajah-gajah di Indonesia.

"Siapapun bisa ikut untuk mendukung konservasi gajah," kata Chicco.

Baca juga: Bengkulu jadi percontohan pembangunan koridor gajah sumatera

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018