London (ANTARA News) - Masyarakat Indonesia mesti mewaspadai tipu menipu bermodus tawaran pekerjaan di Inggris, visa Inggris via jalur non resmi, dan iming-iming warisan atau hadiah, kata Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI London Minister Counsellor Gulfan Afero kepada Antara, Kamis.

Gulfan memandang perlu mengeluarkan imbauan itu karena KBRI London kerap menerima laporan mengenai banyak sekali WNI di Indonesia yang ditipu oleh para pelaku yang mengaku warganegara Inggris Raya.

Gulfan mengungkapkan, para penipu itu memiliki modus menawari kerja di Inggris dengan membayar sejumlah uang dan menawarkan pengurusan visa Inggris melalui jalur non resmi, bukan lewat VFD Global.

Para penipu juga mengimingi warisan atau hadiah kepada calon korbannnya. melalui sosial media seperti Facebook.

"KBRI London mengimbau masyarakat Indonesia agar berhati-hati terhadap tawaran kerja, pengurusan visa dan pemberian warisan atau hadiah," kata Gulfan.

Sebelum menanggapi tawaran-tawaran yang tidak rasional itu, masyarakat mesti mengklarifikasinya dengan menghubungi KBRI London.

"Hubungi kami di consular@indonesianembassy.org.uk sebelum melakukan tindakan seperti mengirimkan uang atau memberikan informasi apa pun kepada pihak-pihak yang belum dikenal," tutup Gulfan.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018