Jakarta (ANTARA News) - Portal ceknricek.com resmi diluncurkan sebagai bentuk transformasi digital dari program Cek n Ricek yang pernah menghiasi layar kaca.

CEO ceknricek.com Fikar Rizki Muhammad dalam sambutan peluncuran di Jakarta, Minggu malam, mengatakan ceknricek.com bisa memberikan alternatif berita masa kini.

"Ceknricek.com memegang konsep penyajian berita hanya 10 persen, 40 persen edukasi dan 60 persen hiburan," kata Fikar seraya menyatakan media saat ini lebih banyak menebarkan kekhawatiran dibandingkan dengan menyajikan informasi dan pengatahuan.

"Berdasarkan riset kami, masa-masa ini adalah masa paling aman dari sejarah, angka kematian menurun dalam satu dekade, peperangan tidak seperti dulu, tapi kenapa hawanya dibuat gerah seperti besok kiamat, karena medianya," katanya.

Portal baru ini tidak akan mengusung "breaking news" yang dinilai hanya memberikan berita buruk, tetapi akan dikaji lebih dalam terlebih dahulu mengenai suatu kejadian.

"Misalnya jembatan Becakayu runtuh, semua memberitakan, jembatan runtuh, ada korban sekian. Kami tidak akan memberitakan seperti itu, kami akan panggil ahli teknik sipil, buat investigasi yang bisa memotivasi generasi muda untuk tahu, begini peran seorang ahli dan mereka jadi ingin menjadi seorang ahli juga dibidangnya, tidak memberitakan keburukan," kata dia.

Hadir sejumlah tokoh dan selebriti, di antaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mantan menteri BUMN Dahlan Iskan, Karni Ilyas, Suryopratomo, Yenny Wahid, Indro Warkop dan disuguhi lantunan musik dari The Groove.

"Menambah sumber bagi masyarakat, suatu media itu semakin dalam, semakin memiliki karakter, semakin baik," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tentang ceknricek.com.
 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018