Batam, Kepulauan Riau (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyatakan taman teknologi Nongsa Digital Park (NDP) di Batam, Kepulauan Riau, sebagai jembatan digital (digital bridge) antara Indonesia dan Singapura.

"Pembangunan Nongsa Digital Park ini adalah tindak lanjut pembahasan kerja sama digital yang dilakukan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri (Singapura) Lee Hsien Loong saat pertemuan Leaders` Retreat tahun lalu," ujar Menlu dalam peresmian NDP di Batam, Selasa.

Dalam acara yang dihadiri Menlu Singapura Vivian Balakrishnan dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI Triawan Munaf itu, Menlu Retno menjelaskan bahwa NDP adalah manifestasi konsep triplehelix untuk inovasi di Indonesia dimana pemerintah, akademisi, dan pihak swasta bisa bekerjasama untuk mendukung inovasi melalui kebijakan, riset, dan nilai-nilai bisnis.

Menurut Menlu, Presiden Jokowi sudah menyadari pentingnya perkembangan digital termasuk e-commerce untuk ekonomi dan masa depan Indonesia.

"Karena itu pemerintah bekerja untuk menggali potensi digital Indonesia dimana bukan saja e-commerce tetapi juga fintech, kecerdasan buatan, dan industri 4.0, berkembang cepat di Indonesia," tutur Menlu.

Berlokasi di wilayah Nongsa, NDP yang dikembangkan oleh Citramas Group tidak hanya memiliki taman teknologi tetapi juga Turi Beach Resort, Nongsa Point Marina, Nongsa Village, Nongsapura Ferry Terminal, Infinite Studios dan Tamarin Golf Course.

Dari tiga blok yang telah dibangun di Nongsa ini, dua gedung telah terisi dengan perusahaan-perusahaan asing dan lokal yang bisnisnya bergerak di bidang digital, salah satunya studio film Infinite Studios.

Menurut pemilik Infinite Studios yang merupakan putra dari pendiri Citramas Group, Mike Wiluan, total tenaga kerja yang terserap dari fase pertama pembangunan NDP ini sekitar 1.500 orang dengan potensi investasi sebesar 500 juta dolar AS (Rp6,87 triliun).

"Nongsa sekarang sudah menjadi ekosistem digital, banyak sekali anak muda Indonesia yang menciptakan konten-konten digital untuk disuplai ke luar negeri," ujar Mike.

Sejak berdiri pada 1997, Infinite Studios telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan film Amerika Serikat dan Inggris untuk memproduksi karya film dan animasi seperti Thor Ragnarok (2017), Beyond the Skyline (2017), The Garfield Show, dan seri HBO Serangoon Road.
 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018