Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan turut berduka cita mendalam sekaligus meminta Kementerian Sosial segera memberikan bantuan bagi warga yang terkena bencana.

Bambang Soesatyo mengatakan hal itu di Jakarta, Jumat, menyikapi bencana tanah longsor yang terjadi di dua kabupaten di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Brebes dan Kabupaten Purbalingga, pada Kamis (22/2).

Bencana tanah longsor terjadi di Desa Pasir Panjang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis (22/2) pagi, mengakibatkan lima orang meninggal dunia dan 14 orang luka-luka serta ?18 orang hilang.

Kemudian, bencana tanah longsor di Kecamatan Karang Jambu Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Kamis malam, menelan korban empat orang meninggal dan enam orang lainnya luka-luka.

Bambang Soesatyo sebagai ketua DPR RI menyatakan duka cita yang mendalam bagi para korban bencana beserta keluarga mereka.

Bamsoet, panggilan akrab Bambang Soesatyo juga meminta Komisi VIII DPR RI untuk mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Tim SAR lebih mengintensifkan pencarian korban serta memastikan jumlah korban.

Komisi VIII DPR RI, kata dia, juga agar mendorong Kementerian Sosial (Kemensos) untuk segera memberikan bantuan bagi warga yang terkena musibah terutama dalam kondisi tanggap darurat.

Pada kesempatan tersebut, Bamsoet juga meminta Komisi II DPR RI mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) untuk segera mencari solusi bagi warga yang kehilangan tempat tinggal dan lahan milik mereka, serta merelokasi warga yang terdampak bencana longsor.

Politisi Partai Golkar ini juga meminta Komisi V DPR RI untuk mendorong Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) agar secara kontinyu memberikan laporan kondisi cuaca serta antisipasi kemungkinan terjadinya bencana kepada masyarakat luas.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018