Jambi (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Jambi Brigjen Pol Muchlis AS memastikan bahwa untuk menjadi anggota polisi tidak memakai uang baik untuk penerimaan calon bintara, polisi sumber sarjana maupun Akpol.

"Saya yang jamin untuk jadi polisi tidak ada pakai uang dan jika ada silakan laporkan ke saya dan saya akan langsung menindak pelakunya," kata Muchlis di Jambi, Selasa.

Untuk tahapan tahun ini sudah dibuktikan Kapolda Jambi, pada penerimaan polisi sumber sarjana tidak memakai uang dan hasilnya sudah diumumkan dan peserta yang tidak lulus merasa puas karena seleksi berlangsung bersih dari hal yang merusak citra polisi.

"Peserta pun bisa melihat langsung hasil nilai para peserta yang dikeluarkan pihak panitia penerimaan secara online dan bisa dicocokan dengan hasil yang mereka dapatkan setelah diumumkan," kata Muchlis.

Dia juga memastikan panitia untuk kelulusan peserta tak bisa diintervensi siapa pun, termasuk Kapolda.

Saat ini masih ada beberapa tahap penerimaan menjadi bintara dan Akpol yang dalam waktu dekat segera diumumkan.

Muchlis berpesan kepada yang berminat menjadi polisi untuk menyiapkan diri dengan bekal ilmu pengetahuan, kesiapan fisik dan kesehatan yang harus dilatih sebelumnya yang bukan secara instan.

Baca juga: Kapolri minta penerimaan anggota polisi direformasi dan Kepala Polda Jawa Barat ingin "bersih-bersih" penerimaan polisi

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018