Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut nomor urut tiga yang diperoleh partainya dalam pengundian peserta Pemilu 2019 secara perspektif ideologi angka itu melambangkan tekad perjuangan bangsa sebagaimana dikatakan Bung Karno guna mewujudkan Indonesia yang berdaulat.

"Angka '3' melambangkan tekad perjuangan bangsa sebagaimana dikatakan Bung Karno untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat di bidang Politik; berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan Trisakti tersebut juga sbg tujuan dari Nawacita Presiden Joko Widodo sehingga angka tiga penuh dengan suasana kebatinan untuk cita-cita Indonesia Raya.

Hal itu menurut dia yang dipesankan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebelum berangkat ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam rangka menghadiri Rapat Kerja Daerah Khusus (Rakerdasus) PDI Perjuangan yang dilaksanakan Senin.

"Bu Megawati mengingatkan angka 3 tidak hanya simbolisasi salam Metal namun membawa semangat perjuangan kepartaian yang bergerak ke bawah, berada di tengah rakyat, dan pada saat bersamaan Partai menyadari bahwa rakyatlah jiwa dan energi perjuangan kepartaian kita," ujarnya.

Hasto mengatakan salam "Metal" adalah merah total, yaitu salam yang digelorakan oleh anak- anak muda pada Pemilu tahun 1987, para pemuda saat itu, bergerak mendukung PDI sebagai gerakan melawan rejim yang otoriter, yang membungkam demokrasi dengan tangan besi.

Hal itu menurut dia yang sama terjadi, ketika Joko Widodo (Jokowi) dicalonkan sebagai Gubernur DKI Jakarta, yaitu mendapat no 3 sebagai cerminan gerakan rakyat bawah.

"Dengan angka 3 yang penuh dengan sejarah perjuangan bersama rakyat, maka seluruh anggota dan kader partai diminta untuk terus melakukan konsolidasi, memperbaiki hal-hal yang kurang, dan terus bergotong royong turun kebawah bersama rakyat," ujarnya.

Dia menegaskan semangat kerakyatan itu yang menjadi intisari angka tiga untuk terwujudnya Trisakti.

Baca juga: Hasil pengundian nomor urut parpol..

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018