Padang (ANTARA News) - Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto mengatakan kebijakan ekonomi harus berpihak kepada rakyat dengan melibatkan masyarakat dalam aktivitas ekonomi agar berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

"Dalam hal ini perlunya konsistensi pemerintah dalam menerapkan kebijakan-kebijakan ekonomi untuk membangun kesejahteraan masyarakat," katanya usai dengar pendapat bersama warga Kota Padang dengan tema "Arah dan Tahapan Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan" di Padang, Jumat.

Hermanto yang sekaligus anggota MPR RI wilayah pemilihan Sumatera Barat itu mengatakan permasalahan ekonomi salah satunya tidak terlepas dari masalah ketimpangan dan kemiskinan, oleh karena itu perlunya suatu kebijakan yang benar-benar berpihak kepada rakyat.

Ia mencontohkan salah satunya adalah pembangunan pada sektor dasar yaitu kebutuhan akan pangan.

Menurutnya kebijakan pangan di Indonesia harus benar-benar berpihak kepada petani, ketika hasil pertanian seperti cabai telah selesai di panen pemerintah harus siap membeli seluruh produk-produk hasil pertanian tersebut.

"Dengan hal itu masyarakat akan merasa terbantu dan terlibat dalam aktivitas ekonomi, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan" ujar dia.

Sementara itu Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan permasalahan ekonomi berkaitan erat dengan meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.

"Oleh karena itu diperlukan penguatan sendi-sendi ekonomi, di mana di Padang telah dilakukan dengan menggerakkan UMKM," ujar dia.

Selain itu, sebutnya UMKM tersebut juga diberikan pendampingan, pembenahan terhadap pasar-pasar dan berusaha dalam meningkatkan transaksi khususnya di Kota Padang.

"Dengan demikian diharapkan pertumbuhan ekonomi akan terus meningkat," katanya.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018