Jayapura (ANTARA News) - Pertamina MOR VIII Jayapura menjamin persediaan bahan bakar minyak (BBM) di Kabupaten Asmat cukup sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan BBM tidak akan terganggu.

"Kami menjamin persediaan BBM cukup sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," kata GM Pertamina MOR VIII Jayapura Tengku Fernando kepada Antara di Jayapura, Rabu.

Ia mengatakan di Kabupaten Asmat terdapat delapan SPBU yang tersebar di empat distrik yakni Distrik Agats, Atsj, Sawaerma dan Distrik Suator.

Saat ini ada rencana penambahan atau pengiriman BBM ke Asmat namun akibat cuaca buruk maka kapal pengangkut tidak diizinkan berangkat dan saat ini masih berlabuh di Pelabuhan Pomako, Timika.

"Cuaca saat ini tidak bersahabat sehingga pihak syahbandar tidak mengizinkan kapal ke Asmat," kata Fernando seraya mengatakan, walaupun demikian persediaan masih cukup.

Untuk membantu proses pelayanan kesehatan ke masyarakat Asmat, Pertamina MOR VIII Jayapura sudah memberikan bantuan BBM sebanyak tiga kilo liter.

Bantuan tersebut diberikan kepada tim penanggulangan KLB Asmat, kata GM Pertamina Jayapura Tengku Fernando.

Sementara itu Sekda Asmat Bortolomeus Bokoropces secara terpisah mengatakan penggunaan BBM di wilayahnya meningkat karena mobilisasi yang dilakukan untuk melayani masyarakat.

Akibatnya persediaan BBM mulai menipis sehingga pihaknya berharap penggunaan bbm diperhitungkan sebaik mungkin mengingat saat ini cuaca tidak bersahabat sehingga kapal pengangkut bbm tidak bisa ke Asmat.

"Pelayanan kesehatan tetap akan diberikan semaksimal mungkin kepada masyarakat namun diharapkan BBM tetap tersedia," kata Sekda Asmat Borokopces.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018