Tokyo (ANTARA News) - Hanya berselisih beberapa jam dari Gunung Agung di Bali yang meletus empat kali Selasa dini hari tadi, gunung berapi Kusatsu-Shirane di Jepang juga meletus pada hari yang sama untuk melontarkan bebatuan yang menimpa para pemain ski di sebuah resort punggung gunung di Jepang tengah itu.

Seorang pemain ski hilang menyusul longsor yang terjadi beberapa saat setelah gunung Kusatsu-Shirane meletus dan menyapu belasan pemain ski.

Enam pemain ski adalah anggota dari angkatan darat Pasukan Bela Diri Jepang (SDF) yang sedang berlatih manuver perang, kata Kementerian Pertahanan Jepang seperti dikutip Reuters.

Keenamnya berhasil diselamatkan namun beberapa di antara mereka mengalami luka-luka.

Baca juga: Gunung Agung empat kali meletus dini hari tadi

Media massa Jepang melaporkan bahwa 15 orang terluka yang kebanyakan tertimpa batu vulkanik, sedangkan  Dinas Manajeman Kebakaran dan Bencana Jepang (FDMA) mengungkapkan dua orang terluka serius.

Tiga orang lainnya yang terjebak longsor berhasil diselamatkan, lapor media massa Jepang.

Para pencari, termasuk dari SDF, tengah menuju situs bencana dekat kota istirahat musim semi Kusatsu, demi mencari pemain ski yang hilang ditimbun salju.

Kusatsu-Shirane, berketinggian 2.160 meter di atas permukaan laut, meletus Selasa pagi, kata Badan Meteorologi Jepang (JMA).

FDMA memperingatkan batu-batu bisa terlempar sampai sejauh 2 km dari puncak gunung.

Berdasarkan  tayangan video dari puncak gondolo di resort itu terlihat batu-batu hitam terlontar ke angkasa, diikuti selimut kabut hitam.

Pewarta: -
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018