Fraksi PAN sambut baik upaya Bamsoet perbaiki marwah DPR

id bambang soesatyo,ketua dpr,fraksi pan

Ketua DPR Bambang Soesatyo berpose seusai wawancara khusus dengan LKBN ANTARA di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/1/2018). (ANTARA /Wahyu Putro A)

Purwakarta (ANTARA News) - Anggota DPR RI Fraksi PAN Teguh Juwarno menyambut baik langkah yang dilakukan Ketua DPR Bambang Soesatyo dengan rencana menggelar rapat lintas fraksi setiap pekan, yang dinilainya sebagai terobosan untuk memperbaiki citra dan marwah DPR.

"Dengan mengajak para pimpinan fraksi di DPR untuk terlibat dalam memperbaiki marwah parlemen, ini pendekatan mendapat sambutan positif para pimpinan Fraksi DPR," kata Teguh dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Purwakarta, Jumat.

Dia menilai Bambang merupakan wajah baru untuk lembaga parlemen karena mengajak seluruh pimpinan fraksi dan anggota DPR kompak secara bersama-sama mengatasi semua persoalan yang dihadapi lembaga legislatif tersebut.

Menurut dia, DPR sebagai lembaga yang kolektif kolegial, langkah Ketua DPR baru tersebut harus diapresiasi sebagai upaya solutif mengembalikan kepercayaan publik.

"Sebagai lembaga yang mengedepankan kolektif kolegial, di sisa masa jabatan periode 2014-2019 ini ada harapan wajah DPR tidak lagi babak belur," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPR Bambang Soesatyo mengadakan pertemuan dengan para pimpinan fraksi di DPR RI pada Jumat (19/1), membahas beberapa isu terkini salah satunya soal revisi UU Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) dan lain-lain.

Bambang mengatakan pertemuan tersebut akan dijadwal setiap pekan sekali untuk menampung semua keluhan yang dihadapi fraksi-fraksi di DPR.

"Saya akan kosongkan hari senen setiap minggu khusus untuk bertemu para pimpinan fraksi. Pertemuan pertama tadi banyak gagasan aspirasi, keluhan segala macem yang tidak terkomunikasikan dengan baik," katanya.

Dia mengatakan dalam pertemuan tersebut, dirinya dan fraksi-fraksi sepakat untuk menyelesaikan beberapa hal yang belum terselesaikan di tingkat komisi.

Bambang mencontohkan bisa menyelesaikan sejumlah legislasi yang menjadi prioritas dan strategis seperti UU MD3 dan juga membicarakan mengenai Pansus Hak Angket DPR tentang Tugas dan Kewenangan KPK.

Dalam ajang silaturahim itu dari Fraksi PAN dihadiri oleh Teguh Juwarno dan Sekretaris Fraksi PAN Yandri Susanto; Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini; Ketua Fraksi PDI Perjuangan Utut Adianto; Ketua Fraksi Partai Hanura Nurdin Tampubolon.

Lalu Fraksi Partai NasDem hadir Ahmad Sahroni; Ketua Fraksi PPP Reni Marlinawati; dan Fraksi Partai Golkar ada Agun Gunandjar Sudarsa serta Mukhamad Misbakhun. 

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar