PSI apresiasi KPU jalankan verifikasi faktual

id logo kpu, verifikasi faktual kpu, sekjen psi raja juli antoni

KPU (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Jakarta (ANTARA News) -DPP Partai Solidaritas Indoensia (PSI) mendukung langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjalankan verifikasi faktual bagi partai politik berdasarkan amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Keputusan yang tepat membuat Pemilu 2019 makin legitimate," kata Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni di Jakarta, Jumat.

Antoni mengatakan PSI menyambut baik rencana KPU memverifikasi faktual bagi partai politik yang lama untuk melaksanakan perintah putusan MK.

Secara konstitusional, Antoni menuturkan langkah KPU menjalankan verifikasi faktual tidak akan menerima gugatan sehingga lembaga pelaksana pemilihan umum itu independen sebagai institusi yang netral dan imparsial dari tekanan politik.

Antoni juga menilai KPU menegakkan rasa keadilan bagi partai baru seperti PSI yang telah mengikuti verifikasi faktual.

"KPU membawa keadilan meskipun tidak bisa memberikan rasa keadilan 100 persen kepada kami karena batas waktu yang sangat mepet, ketebatasan dana dan lain sebagainya tapi kami ikhlas dan memahaminya," ujar Antoni.

Antoni menganggap proses verifikasi faktual menjadi pelajaran berharga karena tahapan legislasi yang tidak berkualitas sehingga Indonesia membutuhkan anggota dewan yang negarawan.

Diungkapkan Antoni, anggota dewan yang berkualitas diperlukan untuk membuat undang-undang yang tidak mementingkan kepentingan pribadi atau kelompok namun memperkuat sistem demokrasi di Indonesia.

Pewarta : Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar