Bunga sakura mekar di kebun raya Cibodas

id kebon raya cibodas,bunga sakura

Bunga Sakura Di Batam Sejumlah remaja menikmati masa berbunga pohon sakura di Kawasan Industri Batamindo, Batam, Senin (7/4). Vegetasi khas Jepang itu sengaja ditanam oleh pengelola sebagai pohon perindang trotoar di kawasan industri yang mayoritas penyewanya adalah investor asal Jepang. (ANTARA FOTO/Joko Sulistyo) ()

Cianjur (ANTARA News) - Bunga Sakura yang mekar di Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat, mengundang perhatian pengunjung yang datang ke tempat wisata bernuansa pegunungan itu, sejak satu pekan terakhir.

Sinta Rosita (20) pengunjung asal Makasar, pada wartawan Minggu, mengatakan, sengaja datang bersama keluarga besarnya untuk melihat bunga kebangaan negara Jepang yang bisa mekar di Kebun Raya Cibodas.

"Dari Makasar saya lihat di Facebook bunga sakuranya bagus dan kelihatan banyak bunga sakura yang mekar. Kebetulan sedang ke Jakarta, saya ajak keluarga main ke Cibodas, untuk melihat langsung bunga asli negara Jepang," katanya.

Hal senada terucap dari keluarga besar Suratmo asal Tanggerang, sengaja datang ke Kebun Raya Cibodas, untuk melihat langsung bunga sakura yang mekar di kebun raya yang memiliki koleksi ribuan pohon langka tersebut.

"Tidak perlu jauh-jauh ke negara asalnya, cukup ke Kebun Raya Cibodas, untuk melihat sakura. Kami sengaja mengadakan acara keluarga di kebun raya ini," katanya.

Sementara Kepala Balai Konservasi Kebun Raya Cibodas LIPI R Hendrian, mengatakan, Taman Sakura Kebun Raya Cibodas dibangun Maret 2007, dengan luas 6647 meter persegi, taman tersebut dibangun dengan konsep japanese style dan berada dilokasi yang cukup strategis.

Koleksi yang ada di taman sakura ada beberapa jenis sseperti Prunus cerasoides, D. Don, Prunus aerborea (Blume) kalkman, Prunus costata (Hemsl) kalkman dan Prunus Sp. Jenis Prunus cerasoides yang dapat berbunga dua kali dalam satu tahun yaitu sekitar bulan Januari, Februari, Juli, dan Agustus.

"Taman sakura menjadi daya tarik tersendiri bagi pengujung, saat ini bunga tersebut sedang mekar, sehingga angka kunjungan cukup meningkat setiap bunga asal Jepang ini mekar," katanya.

Pewarta : Ahmad Fikri
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar