Hama wereng batang cokelat serang ratusan hektare sawah di Karawang

id hama wereng batang cokelat,gagal panen dan gagal tanam,ganti rugi petani

Dokumentasi Seorang petugas menunjukan hama wereng coklat (Nilaparvata lugens) di kawasan Mejobo, Kudus, Jateng, Rabu (20/2/2013). Data Dinas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan Kudus saat ini sekitar 200 hektar lahan padi di Kudus diserang hama wereng yang menghisap batang padi. (FOTO ANTARA/ Andreas Fitri Atm)

Karawang (ANTARA News) - Hama jenis wereng batang cokelat menyerang ratusan hektare areal persawahan di sekitar Desa Rawamerta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Serangan hama wereng batang cokelat yang paling parah terjadi di Desa Sekarwangi, Kecamatan Rawamerta," kata Ketua Serikat Tani Karawang (Setakar) Deden Sofian, di Karawang, Senin.

Ia mengatakan, para petani di desa itu mengalami kerugian yang cukup besar, karena mengalami gagal panen dan gagal tanam selama musim tanam tahun ini.

Menurut dia, saat panen tiba para petani di daerah tersebut hanya bisa memanen padi beberapa kuintal per hektare akibat tinggi serangan hama wereng batang cokelat.

Dalam kondisi normal, kata Deden, mereka biasanya memanen hingga 4-5 ton per hektare. Tapi akibat serangan hama wereng batang cokelat, petani di daerah itu hanya bisa memanen beberapa kuintal.

Setelah panen, penanaman padi di areal persawahan dilakukan kembali namun akibat serangan hama tersebut, petani di desa itu mengalami gagal tanam.

"Jadi pada tahun ini, petani di Desa Rawamerta tidak hanya mengalami gagal panen. Tetapi juga mengalami gagal tanam," katanya pula.

Selama proses penanaman kembali, para petani di daerah itu diperkirakan mengalami kerugian hingga mencapai Rp8 juta.

Karena itu, Setakar meminta Dinas Pertanian segera memberikan ganti rugi kepada para petani yang mengalami gagal panen dan gagal tanam itu.

Pewarta : M.Ali Khumaini
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar