Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyatakan berbagai kekurangan yang muncul saat acara media visit Asian Games 2018 menjadi momentum panitia untuk melakukan perbaikan.

"Kekurangan itu menjadi hal yang wajar karena kick-off acaranya akan berlangsung pada 18 Agustus 2018, maka bulan-bulan ini, dan tentunya pada tahun yang akan datang juga kita jadikan momentum untuk memperbaiki segala sesuatu hal yang kurang," kata Imam, Jakarta, Selasa (28/11).

Hal tersebut dikatakan Imam mengomentari evaluasi acara Forum Media yang dilaksanakan oleh panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) 27-28 November 2017 yang dinilai oleh media-media asing belum cukup rapi dalam pelaksanaannya mengingat acara tersebut sebagai pemanasan INASGOC saat menjamu 9.500 atlet, 3.500 media, 2.500 Dewan Olimpiade Asia (OCA), 5.500 delegasi teknis dari 45 negara pada 18 Agustus sampai 2 September 2018 mendatang.

"Karenanya, ada yang namanya test event dan agenda persiapan lainnya, tujuannya untuk melihat yang kurang dari segi infrastruktur, penyelenggaraannya, hospitality dan yang lain juga," ujar Imam.

INASGOC dikatakan sejumlah media tak rapi dalam menjamu jumlah tamu yang berjumlah sekitar 178 orang dari media lokal dan asing tersebut. Di antaranya, dalam menentukan susunan acara.

Agenda utama di hari perdana menilik venue di kompleks Gelora Bung Karno (GBK) batal, namun tidak ada keterangan resmi soal pembatalan itu.

Setelah banyak waktu lowong, rombongan tiba-tiba diinstruksikan menuju ke bandara Soekarno Hatta untuk terbang ke Palembang. Selepas momen tersebut, panitia juga dinilai masih teledor dalam membagi jadwal penerbangan rombongan, pembagian grup dan untuk penginapan.

Imam meyakini INASGOC paham dan tahu apa yang menjadi keluhan tersebut dan cara untuk menyelesaikannya dalam waktu yang tersisa sehingga tidak terjadi pada saat hari H penyelenggaraan.

"Tinggal bagaimana ketersedian anggaran untuk konteks penyelenggaraan harus dimaksimalkan dengan baik toh pemerintah sudah menyiapkan anggaran sesuai permintaan INASGOC," ujar Imam.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017