Pada proses pemantauan persidangan KY fokus pada etika hakim dalam mengelola perkara ini baik perilaku dalam sidang maupun perilaku di luar sidang
Jakarta (ANTARA News) - Juru bicara Komisi Yudisial (KY) Farid Wajdi menyampaikan bahwa pihaknya KY terus memantau dan mengawal proses praperadilan Ketua DPR Setya Novanto atas penetapan dirinya sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan KTP elektronik oleh KPK.

"Pada proses pemantauan persidangan KY fokus pada etika hakim dalam mengelola perkara ini baik perilaku dalam sidang maupun perilaku di luar sidang," jelas Farid ketika dihubungi di Jakarta, Selasa.

Farid menjelaskan bahwa KY akan melakukan pemantauan atas kasus ini melalui dua metode yaitu pemantauan secara tertutup dan pemantauan secara terbuka.

"Penggunaan metodenya sangat bergantung pada penilaian internal tentang urgensi kasus yang dihadapi," jelas Farid.

Lebih lanjut Farid memastikan bahwa KY akan mengawal proses persidangan dengan itikad yang baik dan sesuai dengan peran yang sudah diberikan oleh negara.

"Namun kami juga meminta publik untuk berkontribusi dalam memonitor perkembangannya serta benar-benar menjaga kemandirian prosesnya," tambah Farid.

Farid kemudian menegaskan bahwa KY tidak akan memberikan komentar mengenai substansi perkara, mengingat proses hukum yang sedang berlangsung dan independensi hakim yang harus dijaga.

Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) Made Sutrisna membenarkan informasi bahwa Setya Novanto telah resmi mendaftarkan praperadilan pada tanggal 4 September 2017, dan hakim yang mengadili adalah Hakim Chepy Iskandar.

Setya Novanto ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 17 Juli 2017 dengan sangkaan pasal 2 ayat (1) atas pasal 3 UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP karena diduga mengakibatkan kerugian negara senilai Rp2,3 triliun dari total nilai proyek sebesar Rp5,9 triliun.

Pewarta: Maria Rosari
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017