Dalam waktu dekat kami akan membuka atase kejaksaan di Singpura yang sudah disetujui presiden dan menteri luar negeri
Jimbaran, Bali (ANTARA News) - Kejaksaan Agung RI berencana mendirikan atase kejaksaan di Singapura yang diharapkan dapat membantu kepentingan nasional termasuk memberikan advokasi kepada warga negara Indonesia di negara tersebut.

"Dalam waktu dekat kami akan membuka atase kejaksaan di Singpura yang sudah disetujui presiden dan menteri luar negeri," kata Jaksa Agung RI Muhammad Prasetyo setelah penandatanganan nota kesepahaman Jaksa Agung Indonesia dengan Singapura di Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Selasa.

Menurut dia, adanya atase tersebut sangat diperlukan mengingat negara dengan ikon patung kepala singa itu merupakan salah satu negara terdekat dengan Indonesia.

Selama ini, lanjut Jaksa Agung RI, kejaksaan baru memiliki tiga atase di luar negeri yakni di Riyadh Arab Saudi, Hong Kong dan Thailand.

Prasetyo mengatakan atase Kejaksaan Agung RI di Riyadh misalnya bertugas membantu masalah hukum WNI yang sebagian kasus itu muncul karena dalam keadaan terpaksa, korban penyiksaan atau sebab lain.

"Di antara mereka yang menghadapi pelaksanaan hukuman mati bisa beberapa kami selamatkan," ucapnya.

Sama halnya dengan Arab Saudi, banyak juga WNI yang bekerja sebagai tenaga kerja di Hong Kong sehingga tugas atase kejaksaan RI memberikan advokasi kepada WNI.

"Di Singapura lain lagi ceritanya tergantung kebutuhan, keberadaan atase di luar negeri diharapkan bukan hanya melengkapi tetapi bermanfaat bagi kepentingan bangsa Indonesia di luar negeri," ucap Jaksa Agung RI.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017