Namanya populer setelah film berjudul Laskar Pelangi dirilis ke publik. Belitung yang dahulu tersembunyi—kini menebarkan pesonanya serupa permata yang terpendam. Kini, ada banyak sisi yang bisa Anda coba untuk menikmati pesona Belitung. Baik dengan mendatangi lokasi populer maupun mengeksplorasi ke sudut-sudut terpencil.

Memiliki pantai serta wisata alam yang indah, tidak heran jika untuk urusan “foto”, kecantikan Belitung seolah tidak ada habisnya. Artikel ini akan membahas seputar tiga tempat instagramable yang bisa Anda kunjungi saat ada di Negeri Laskar Pelangi ini. Hitung-hitung menambah jumlah likes dan followers, bukan?

1. Danau Kaolin
Belitung tidak hanya kaya dengan wisata bahari/pantainya. Nah, jika Anda berminat untuk mengunjungi lokasi anti-mainstream, ada baiknya untuk menjajal Danau Kaolin—atau populer dengan sebutan “Danau Biru”. Lokasinya sendiri ada di Desa Air Bara, perbatasan Kabupaten Bangka Tengah dan Selatan.

Sebenarnya, Danau Kaolin hanyalah “sisa-sisa”dari bekas pertambangan kaolin yang sudah ditinggalkan. Airnya yang berwarna kebiruan lantas terbentuk akibat pantulan sinar Matahari ke dasar danau—yang berdinding tanah kaolin.

Dikelilingi juga oleh daratan luas berwarna putih bersih; perpaduan ketiganya bisa menjadikan foto Anda tampak lebih estetis dan menarik, lho.

2. Pulau Lengkuas
Nikmati pesona hamparan pasir dan laut biru, berpadu dengan bebatuan granit cantik dari dasar maupun atas sebuah mercusuar. Tidak main-main, pasalnya mercusuar ini merupakan peninggalan kuno Belanda—yang setidaknya telah berdiri sejak tahun 1882. Pulau Lengkuas sendiri berada di sebelah utara Pulau Belitung—atau jika diasumsikan: akan menempuh jarak sekitar 30 menit untuk melakukan penyeberangan.

Memang, luas Pulau Lengkuas sendiri hanyalah satu hektare. Namun, keindahannya jelas tidak diragukan lagi. Untuk sensasi yang lebih seru dan menantang, Anda bisa menaiki mercusuar setinggi 50 meter—dan memandang lanskap Belitung dari ketinggian. Adapun lokasi ini amat cocok buat Anda yang mendamba foto selfie berlatar keindahan alam.

3. Museum Kata
Museum Kata—atau dikenal juga dengan Museum Kata Andrea Hirata—sebenarnya merupakan museum literatur pertama di Indonesia. Lokasi ini didirikan dalam rangka “perpanjangan” tangan dari salah satu serial film populer Indonesia: Laskar Pelangi.

Seperti filmnya yang mengangkat kisah anak-anak Belitung, Museum Kata menampilkan sejumlah koleksi yang berkaitan tentang film Laskar Pelangi; termasuk di antaranya Warung KupiKuli sebagai gambaran keseharian hidup para penambang. Di sisi lain, bagi Anda penggemar novelis Andrea Hirata, terpajang pula berbagai karyanya di museum ini.

Lantaran bertema “literatur”, jangan heran jika Anda akan menemukan banyak jejak karya sastra di sini. Museum ini lantas didirikan oleh Andrea Hirata dengan tujuan: menginspirasi anak-anak dan remaja di Desa Gantong, agar bersemangat dalam mengembangkan bakat seni mereka.

Cara Mudah Menikmati Negeri Laskar Pelangi
Penjelajahan Anda membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karenanya, ada baiknya untuk menyisihkan waktu menginap di Belitung. Airy Rooms sendiri menyediakan beragam rekomendasi hotel murah di Belitung yang bisa Anda nikmati dengan mudah.

Sebagai salah satu jaringan hotel terbesar di Indonesia, tidak heran jika Anda akan dapat dengan mudah memilih hotel murah di banyak tempat. Fasilitasnya terbilang lengkap, meliputi tujuh jaminan fasilitas seperti halnya: AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur yang bersih dan nyaman, air minum, shower air hangat, dan wifi gratis.

Adapun seluruh kemewahan itu bisa Anda pesan melalui situs www.airyrooms.com maupun aplikasi Android dan iOS. Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer maupun kartu kredit.


ADVERTORIAL

Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2016