Tujuan dari AHN adalah mendorong tercapainya gaya hidup sehat dan hijau di kalangan masyarakat Bogor, mengurangi penggunaan plastik, botol, styrofoam dan bahan-bahan sekali pakai di wilayah Bogor."
Bogor (ANTARA News) - Himpunan Alumni (HA) IPB kampanyekan Aksi Hijau Nusantara dengan mensosialisasikan gaya hidup ramah lingkungan kepada masyarakat Kota Bogor Jawa Barat.

"Kampanye Aksi Hijau Nusantara melibatkan ribuan alumni IPB yang akan melakukan kegiatan bebersih Kota Bogor," kata Sekjen HA IPB Nelly Oswiny di Bogor, Senin.

Ia mengatakan, program Aksi Hijau Nusantara (AHN) 2016 kerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dalam Kegiatan AHN, para alumni IPB yang disebut sebagai Relawan Kebersihan akan melaksanakan kegiatan membersihkan Kota Bogor pada Minggu, 31 Juli 2016 dimulai pukul 06.00 WIB pagi, berpusat di Lapangan Kodim 0606 Kota Bogor.

"Seraya melakukan aksi, semua relawan kebersihan juga akan mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan sekaligus mensosialisasikan tata cara pengelolaan sampah dengan konsep Lubang Biopori dan 3R (Reduce, Reuse, Recycle)," katanya.

Ia menjelaskan, tujuan utama program tersebut adalah perubahan gaya hidup anak-anak, mahasiswa, generasi muda dan masyarakat Bogor dalam menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

"Tujuan dari AHN adalah mendorong tercapainya gaya hidup sehat dan hijau di kalangan masyarakat Bogor, mengurangi penggunaan plastik, botol, styrofoam dan bahan-bahan sekali pakai di wilayah Bogor," katanya.

Nelly mengatakan, melalui gerakan ini, Alumni IPB ingin memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk menjaga lingkungan dalam berapresiasi, berekspresi, dan bereksplorasi terhadap potensi bumi.

"Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dijadwalkan akan hadir bersama Wali Kota Bogor, Rektor IPB , Alumni IPB dan masyarakat memeriahkan acara tersebut," katanya.

Ia menambahkan, seluruh peserta dan relawan kebersihan akan mendapatkan "ecobag" yang berisi air minum, snack, kaos, materi edukasi yang dapat di sebarkan kembali ke masyarakat.

Berbagai kegiatan AHN 2016 yang menyertai program tersebut sebagai berikut:

1. Penghijauan, dengan penanaman pohon buah dan pohon pelindung di Kota Bogor.

2. Gowes Sehat, bersepeda untuk menjaga kebugaran dan kesehatan bertempat di Lapangan Kodim 0606 Bogor.

3. Operasi Plastik, yaitu dengan melakukan penukaran kantong keresek dan bersihbersih sampah plastik, bertempat di DPD HA-IPB se-Indonesia.

4. Sahabat Biopori, dengan pembuatan lubang biopori bertempat di lingkungan Kodim 0606 Bogor.

5. AHN Expo, kegiatan Expo berbagai produk daur ulang dari sampah bertempat di Lapangan Kodim 0606 Bogor.Acara AHN 2016 ini diramaikan dengan kehadiran Artis Lingkungan Hidup seperti Nugie, Band Alumni dan lain-lain.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016