Yogyakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Malaysia Sri Anifah Haji Aman dipastikan menghadiri pertemuan trilateral untuk membahas kerja sama pengamanan laut di perbatasan antara Indonesia, Malaysia, dan Filipina, yang belakangan rawan setelah kelompok militan Filipina, terutama Abu Sayyaf, beroperasi untuk menculik dan menyandera sejumlah orang lintas kebangsaan.

Menurut keterangan tertulis Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia, Sri Anifah Haji Aman akan tiba di Yogyakarta esok untuk memenuhi undangan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi.

Menteri Luar Negeri Filipina Jose Rene Almendras juga akan menghadiri pertemuan tiga petinggi negara ASEAN yang akan berlangsung di Gedung Agung Yogyakarta itu.

Selain itu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan pejabat militer dua negara lainya juga akan mengikuti pertemuan trilateral ini.

Pembahasan kasus pembajakan dan situasi maritim di ketiga negara menjadi agenda utama yang diprakarsai Indonesia atas instruksi Presiden Joko Widodo kepada Menlu Retno.

Terkait dengan rencana koordinasi di sektor maritim, Kementerian Luar Negeri Malaysia bertekad untuk bebekerjasama dengan Indonesia dan Filipina dalam menjaga keamanan, keselamatan, dan kestabilan laut yang rawan dengan pembajak kapal.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016