Beijing (ANTARA News) - Beijing menolak protes Vietnam setelah sebuah pesawat Tiongkok mendarat di sebuah pulau karang yang dipersengketakan banyak negara di Laut Tiongkok Selatan dengan berkilah bahwa operasi itu berada di dalam wilayah Tiongkok.

Sebuah penerbangan uji Tiongkok mendarat di pulau karang Fiery Cross, kata juru bicara kementerian luar negeri Hua Chunying. Vietnam juga mengklaim memiliki pulau karang itu.

Tiongkok meneguhkan klaimnya atas hampir semua Laut Tiongkok Selatan dengan membanguhn cepat kepulauan buatan, termasuk landasan udara yang disebut mampu didarati jet tempur militer.

Kepulauan buatan ini mulai dibangun pada 2014 di atas landas pacu 3.000 meter di pulau karang Fiery Cross di Kepulauan Spratly, sekitar 1.000 km dari Provinsi Hainan, Tiongkok.

Hua menyatakan uji terbang itu adalah sipil, seraya menambahkan bahwa aktivitas terbang sungguh terjadi di dalam kedaulatan Tiongkok.

Hanoi belum lama ini memprotes penerbangan itu dengan menyebutnya sebagai pelanggaran terhadap kedaulatan yang mempengaruhi perdamaian dan stabilitas di Laut Tiongkok Selatan.

Vietnam juga menuntut Beijing menyelidiki penenggelaman kapal ikan Vietnam oleh kapal militer Tiongkok, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016